SELATPANJANG, GORIAU.COM - Prestasi membanggakan kembali diberikan oleh Kapolres Kepulauan Meranti, AKBP Zahwani Pandra Arsyad SH MSi untuk Kabupaten Kepulauan Meranti. Sebab, berkat koordinasinya dengan Dinas Pariwisata DKI Jakarta, puluhan anggota Paskibra beserta pelatihnya diundang Jokowi untuk menghadiri Grand Final Abang None Jakarta 2014, malam ini, Sabtu (30/8/2014).


Hal itu sebagaimana disampaikan Kabag Kesra Setdakab Meranti, Ahmad Yani, kepada GoRiau.com, Sabtu malam itu. Kata Ahmad Yani, malam ini mereka mendapat tempat khusus untuk menghadiri Grand Final Abang None Jakarta tahun 2014 di Monas atas undangan Gubernur Jakarta Jokowi melalui Dinas Pariwisatanya.
Diceritakan Ahmad Yani hingga mereka diundang Jokowi, kebetulan Kapolres Pandra merupakan mantan Abang Jakarta tahun 1991. Sehingga, Pandra berkoordinasi dengan Dinas Pariwisata DKI Jakarta yang mengatakan bahwa rombongan Paskibra dan Kesra juga akan ke Jakarta untuk membawa puluhan pengibar bendera orientasi.
Atas Koordinasi itu pula, Gubernur DKI Jakarta Jokowi melalui Dinas Pariwisata mengundang khusus rombongan Paskibra Meranti tahun 2014 ini ke Monas untuk menghadiri malam pemilihan Abang None Jakarta yang disiarkan langsun ANTV.
"Beliau (Kapolres Meranti, red) diundang khusus dalam acara ini, dia juga akan memberikan pidato. Kemudian, kepada panitia Ia juga menginfokan bahwa rombongan kita juga ke Jakarta jadi Pariwisata DKI menawarkan kita untuk menghadiri malam pemilihan Abang None DKI Jakarta tahun 2014," kata Ahmad Yani.
Mewakili Pemkab Meranti, Ahmad Yani menyampaikan terima kasihnya kepada Kapolres Kepulauan Meranti, dan menyatakan sangat luar biasa mendapat undangan dan kesempatan menghadiri iven akbar di Ibukota itu.
"Ini sungguh sangat luar biasa. Orang (paskibra kabupaten/kota, red) lain tidak ada kesempatan ikut seperti kita. Rombongan kita disediakan tempat tamu daerah paling depan," tambah Ahmad Yani.
Kemudian, yang menjadi ciri khas Melayu Meranti juga dituangkan dalam berpakaian. Kata Ahmad Yani mereka termasuk Kapolres dan Istrinya berbusana Melayu.
"Kita mewakili Pemkab, sebenarnya Bupati ingin hadir, namun karena urusan yang tidak bisa ditinggalkan, maka hanya kita yang mewakili Pemkab," tuturnya pula.
Di sisi lain, usai menghadiri grand final Abang None ini, rombongan sekitar 58 orang yang terdiri dari 30 anggota Maskibra Meranti, 2 orang purna Paskibra tahun 2012 dan 2 orang anggota Paskib Meranti yang mewakili ke Provinsi. Selain itu, instruktur sebanyak 5 orang yang terdiri dari 3 orang TNI, dan 2 orang polisi.
"Setelah adanya pengibaran setiap tahunnya pasti ada orientasi untuk mereka (pengibar bendera, red). Rencananya kita akan membawa mereka orientasi ke Bogor. Perjalanan kita selama 4 hari 5 malam," ujarnya lagi.(zal)