SELATPANJANG, GORIAU.COM - Penampilan dua pelaku seni, Sanggar Bujang Dara dari Bintan Kepulauan Riau dan Komunitas Muda Seni Bernas dari Kepulauan Meranti Riau, pukau ribuan masyarakat Meranti, Sabtu (20/9/2014) malam. Kedua pelaku seni ini menyuguhkan produk terbaiknya dalam acara Malam Hiburan Rakyat (Mahira) oleh Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kepulauan Meranti.


Sanggar Bujang Dara dari Bintan ini memainkan teater tradisional yang bernama Mak Yong. Mak Yong malam itu membawakan cerita Putri Siput Gondang.
Cerita ini mengisahkan tentang pemimpin zalim yang pada akhirnya mendapat balasan atas kezalimannya selama ini, yaitu istrinya melahirkan seekor siput. Siput ini kemudian dibuang oleh pemimpin yang sangat zalim itu.
Penampilan yang dibawakan siswa SMK N 2 Bintan ini menyisakan decak kagum dan rasa ingin tahu ending cerita. Sanggar yang sempat menjuarai beberapa festival baik di bintan maupun pulau jawa itu mengemas cerita Mak Yong dengan menggunakan topeng.
Kemudian, produk Kemas Meranti yang diberi nama Kabaret Panglime Hitam juga tak kalah menarik. Sanggar di bawah binaan Berty Asmara yang berkali-kali mengharumkan nama Meranti itu memberikan cerita yang mengisahkan sejarah Panglime Hitam.
Panglime hitam dalam kabaret yang dimainkan sejumlah anak laki-laki dan perempuan itu mengisahkan bagaimana semasa hidup Panglime Hitam melawan penjajahan Belanda, hingga akhirnya meninggal dunia karena di tembak Belanda.
Kepala Disparpora Kepulauan Meranti, Drs. H Ishak Izra'i dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat datang kepada rombongan dari Bintan karena telah  sudi hadir mengunjungi Kabupaten Kepulauan Meranti.
"Mudah-mudahan kunjungan akan menjadi jalinan kasih mesra Kabupaten Bintan dengan Kabupaten Meranti, sehingga harus terus di jaga keharmonisannya. Dan mudah-mudahan kedepannya kita (Kepulauan Meranti) pula yang  akan ke Bintan," ucap Ishak.
Sementara itu, Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Bintan, Drs H Nurizal dalam sambutannya menyampaikan bahwa kunjungannya ke Meranti akan menjadi jalinan silaturahmi yang berkelanjutan, selain itu dari kunjungan tersebut ada hikmah yang bisa diambil.
"Semoga kunjungan ini ada hikmahnya, dan menjadi jalinan silaturahmi yang berkelanjutan kedepannya," ujar Nurizal pula.
Terlihat hadir malam itu, Anggota DPRD Kepulauan Meranti Edy Masyhudi, Kadisparpora Kepulauan Meranti Drs H Ishak Izrai, Kabag Humas, Eri Suheri, kabag hukum Sudandri, aparat kepolisian dan instansi terkait lainnya.(zal)