BENGKALIS - Kasus demam berdarah dengue (DBD) di Kabupaten Bengkalis terus mengalami peningkatan. Selama Januari 2016 saja, tercatat 116 kasus dengan 3 orang meninggal dunia.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkalis Mohd Sukri melalui Kabid Pengendalian Masalah Lingkungan, Irawadi, menjelaskan, kasus DBD di Bengkalis mengalami peningkatan di setiap kecamatan.

''Berdasarkan laporan dari masing-masing Pukesmas, setiap kecamatan mengalami peningkatan. Sekarang sudah tercatat 117 kasus. Yang mengalami peningkatan yang signifikan yaitu di Kecamatan Mandau dan Pinggir,'' sebut Irawadi ditemui di ruang kerjanya, Rabu (10/2/2016) .

Dari 117 kasus yang ada, ungkapnya, 3 orang yang meninggal dunia. Tercatat 1 orang di Puskesmas Duri dan 2 di Puskesmas Balai Makam, Kecamatan Mandau.

''Kita sudah menyurati setiap Puskesmas untuk segera melakukan langkah- langkah koordinasi dengan Camat untuk mengerah Kades, RT dan RW bergotong royong membersihkan lingkungan,'' imbuhnya.

''Kalau fogging tetap kita lakukan, ada kasus kita langsung lakukan fogging. Namun kita mengharapkan Camat bisa mengarahkan unsur perangkat desa bersama menanggulangi tempat-tempat endemis terjadi DBD. Ditambah kasus DBD didominasi anak- anak,'' pungkas Irawadi.(ail)