PADANG - Kualifikasi Aqua Danone Nation Cup (ADNC) 2016 regional Sumatera Barat akhirnya ditabuh, Sabtu (6/1/2016). Diikuti ratusan bibit andal pesepakbola di Sumbar, Walikota Padang optimis tim Sumbar mampu mewakili Indonesia ke negara tempat diputarnya final ADNC, Perancis. "Insha Allah kita akan wakili Indonesia ke Perancis nanti," ujar Walikota Padang H. Mahyeldi Dt Marajo saat membuka kegiatan tersebut di Stadion H. Agus Salim Padang.

Rasa optimisme tersebut dipancang Walikota Padang di depan seluruh seluruh pesepakbola yang hadir. Karena pada kualifikasi ini cukup bertabur peserta. Ratusan tim dari seluruh Sumbar ikut bertarung dan salah satunya akan mewakili Sumbar ke tingkat nasional.

"Perkembangan sepakbola di Sumatera Barat gairahnya luar biasa. Peserta di kabupaten / kota cukup banyak, ini membuktikan animo luar biasa," ujar Mahyeldi.Wako mengatakan gairah ini perlu dipahami dan mendapat perhatian dari pengcab atau PSSI. Sebab, dengan dibannednya PSSI oleh FIFA, praktis sepakbola di Indonesia "mati suri". Sehingga semangat pesepakbola muda menjadi hilang.

"Bayangkan, dalam kualifikasi Danone ini ada 60 tim dalam satu kota, betapa banyak yang kehilangan semangat jika persepakbolaan ini tak lekas diselamatkan dan diurus dengan baik," kata Walikota.

Namun begitu, Walikota Padang tetap mengimbau kepada seluruh kabupaten / kota di Sumbar untuk terus memutar kompetisi lokal.

"Kita di daerah tak boleh larut, tetap putar kompetisi lokal untuk menyelamatkan bibit pesepakbola kita," tambahnya.

Seperti diketahui pada kualifikasi Aqua Danone Cup pada tahun-tahun sebelumnya Sumbar sempat menjadi semifinalis. Ini terjadi pada tahun 2012 lalu.

"Setelah sempat menjadi semifinalis, berarti sudah empat tahun kita mengevaluasi. Dan rasanya pantas kali ini kita yang wakili Indonesia ke Perancis," pungkas Mahyeldi. (Humas/Charlie/Yurizal)