RENGAT- Rutan (rumah tahanan negara) Kelas IIB Rengat Kabupaten Indragiri Hulu, Riau akan memasang gulungan kawat berduri yang telah dibalur silet di sekeliling tembok pagar Rutan tersebut.

"Selain tembok bagian dalam, kawat berduri itu juga akan kita pasang pada pagar tembok bagian luar. Fungsinya untuk mempersulit pelarian napi dan tahanan yang berusaha kabur," ujar Kepala Rutan Rengat Abdul Aziz kepada GoRiau.com via ponselnya, Jumat (27/5/2016).

Disebutkan Aziz, selama ini Rutan Rengat hanya dikelilingi pagar tembok. Walaupun memiliki ketinggian mencapai 6 meter, namun tidak dilingkari kawat berduri, sehingga masih ada napi atau tahanan yang bisa kabur.

Maka dari itu, agar tingkat pengamanan di Rutan Kelas IIB Rengat ini lebih terjaga, dalam waktu dekat ini pihaknya akan melingkari seluruh areal Rutan tersebut dengan kawat berduri.

Selain itu tambahnya, pihaknya juga akan melakukan perbaikan bangunan. Seperti, blok dan kamar tahanan serta atap dan jeruji sel tahanan, tegasnya.

Terkait rencana perbaikan gedung, Aziz mengaku, saat ini dirinya tengah melakukan koordinasi dengan pihak pemerintah Inhu dan Kanwil Kemenkum HAM Riau.

"Untuk renovasi gedung, kita masih melakukan koordinasi dengan pihak terkait. Memang, bangunan Rutan sudah harus direnovasi, karena bangunan sudah banyak yang lapuk. Terlebih bangunan yang ada saat ini merupakan bangunan sejak tahun 1985 silam," pungkasnya.(*/Jef)