DURI - Berkali-kali masyarakat Jalan Sejahtera dan Jalan Rokan Kelurahan Air Jamban, Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis mengeluhkan soal tumpukan sampah yang ada dilingkungan tempat tinggal mereka. Lahan kosong diantara kedua Jalan tersebut yang dijadikan oknum masyarakat sebagai tempat penampungan sementara (TPS) sampah sangat mengganggu kenyamanan masyarakat setempat.

Demikian dikatakan Plt. Camat Mandau, Sapon saat ditemui GoRiau.com diruang kerjanya, Selasa (3/5/2016). Sebab, masalah sampah bukan bagian dari tugas Camat Mandau.

"Sudah sering betul masyarakat setempat datang kepada saya mengeluhkan sampah di Jalan Rokan dan Sejahtera itu. Tetapi tidak ada kewenangan saya pada masalah sampah tersebut. Harusnya, SKPD terkait proaktif menanggapi keluhan warga ini," kata Sapon.

Menurutnya, tumpukan sampah di Jalan tersebut tidak bisa lagi diangkut oleh tenaga manual. Dinas terkait harus menggunakan alat berat untuk bisa membersihkan lokasi tersebut, sebab volume sampah cukup tinggi, melebihi kuota sampah di setiap TPS sampah resmi yang ada.

"Saya sudah sarankan kepada masyarakat untuk menyampaikan keluhannya secara tertulis kepada Dinas terkait yakni UPT Dinas Pasar dan Kebersihan Mandau. Selain itu juga, minta kepada dinas terkait untuk mengusahakan pengadaan alat berat. Sebab sampah dititik itu, tidak bisa lagi diangkut secara manual, jumlahnya sudah terlalu banyak," ujar Sapon lagi.

Plt. Camat Mandau juga berharap kepada Dinas terkait agar dapat menindaklanjuti keluhan masyarakat ini.

"Harus dicarikan betul solusinya. Sebab warga sudah berkali-kali mengajukan surat permohonan kepada dinas terkait maupun lurah setempat untuk mencarikan solusi. Jika perlu, penambahan kontainer pada titik-titik yang dijadikan masyarakat tempat pembuangan sampah. Tujuannya agar sampah tidak berserakan, dan sampah bisa dengan mudah diangkut setiap harinya," tutup Sapon.(*/rha)