JAKARTA- Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya bersama Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman resmi melaunching "Riau Menyapa Dunia" di Gedung Sapta Peseona Kemenpar Ri Jakarta, Jumat (27/05/2016).

Dalam sambutanya, Gubernur Riau menyatakan, untuk mendukung target pariwisata nasional, Provinsi Riau setidaknya memiliki lima agenda atau kalender iven tetap dengan mengandalkan potensi berupa daya tarik alam, budaya dan wisata buatan.

Adapun kelima iven tersebut kata Andi Rachman, pertama adalah iven Pacu Jalur Kuansing, Festival Bakudo Bono Pelalawan, Tour de Siak, Pacu Jalur Kuansing, Bakar Tongkang, Gema Muaharam Indragiri Hilir dan Riau Marathon.

"Lima kalender iven tahunan inilah yang akan kita kembangkan, selain beberapa potensi wisata lainya. Selain itu kita juga berencana akan membenahi beberapa insfratuktur khusunya jalan menuju beberapa objek wisata seperti ke Candi Muara Takus, beberapa Air terjun, dan termasuk juga jalan menuju Bono Pelalawan," sambutnya.

Masih menurut Gubernur, Pilihan Riau menjadikan pariwisata sebagai sektor andalan, adalah pilihan yang tepat, dimana Riau sudah tak bisa mengandalkan sektor perkebunan dan migas.

"Jika kita masih mengandalkan pada minyak dan CPO yang selama ini menjadi andalan Riau, sudah tidak bisa dengan adanya kecenderungan penurunan. Sedangkan pariwisata pada tahun 2020 mendatang trendnya akan lebih naik dari pada sektor kebun dan migas," tukasnya.

Semantara itu Menteri Arief Yahya sangat menyambut baik adanya launching ini. Menurutnya ini sebagai wujud tekad Provinsi Riau menjadikan wisata sebagai sektor andalan selain minyak sawit dan gas.

"Ini termasuk mendukung adanya program kami mendatangkan 12 juta wisman ke nusantara, dan kita beraharap segala sesuatu yang berhubungan dengan perkembangan wisata di Riau, benar-benar digarap. Mulai dari infratuktur sampai promonya juga," pungkas Arief Yahya.

Saat ini acara launching tersebut masih berlangsung dengan berbagai pertunjukan tari-tarian dan pementasan beragam alat musik tradisional guna menghibur ratusan tamu yang hadir malam ini. ***