PEKANBARU - Sepulang dari menghadiri pelantikan 7 gubernur di Istana Negara, Jakarta, Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman bergegas meninjau lokasi kebakaran di Jalan Karet, Pekanbaru.

Plt Gubri yang tampak trenyuh menyaksikan 81 warganya yang menjadi korban kebakaran menyampaikan keprihatinan. Ia juga meminta kepada Camat Pekanbaru Kota, Norpendike Prakarsa yang juga mendampinginya agar lekas berkoordinasi segera dengan Dinas Sosial (Dinsos) Kota Pekanbaru.

"Untuk sementara ini mengatasi kesulitan warga supaya pak camat segera koordinasi kepada dinsos. Supaya bisa dibantu mengurangi kondisi yang dihadapi sekarang," ungkap Plt Gubri yang kerap disapa Andi Rachman tersebut kepada camat Pekanbaru Kota, Jumat (12/2/2016) malam.

Andi Rachman mengimbau masyarakat setempat agar berhati-hati terhadap kondisi listrik di rumahnya saat musim hujan. Menurutnya, biasanya tanpa disadari ada atap rumah yang bocor dan menyebabkan air menjalar lalu membuat korsleting diinstalasi listrik.

"Kemungkinan korslet seperti itu besar dan bisa mengakibatkan kebakaran, jadi perlu diwaspadai. Semoga masyarakat yang menjadi korban kebakaran ini tabah, pemerintah tentunya tidak akan tinggal diam," imbaunya.

Sementara itu Camat Pekanbaru Kota Norpendike Prakarsa menambahkan bahwa saat ini telah disiapkan tenda di sekitar lokasi bagi masyarakat yang ingin tinggal sementara. Kemudian, logistik bagi korban sekitar 21 KK yang terdiri dari 81 jiwa sudah dikoordinasikan dengan Pemko Pekanbaru.

"Sementara ini sesuai kesepakatan, warga korban kebakaran akan menginap di Masjid As Solihin dulu. Sebagiannya lagi ada yang menginap di rumah keluarga besar mereka disini, dan ada juga yang menginap di rumah-rumah warga," sebutnya.

Salahseorang warga korban kebakaran di Jalan Karet berterimakasih dan mengapresiasi kehadiran Plt Gubri beberapa jam setelah kebakaran tersebut.

"Terimakasih Pak, sudah datang melihat kami. Saat ini dukungan moril dan materil memang kami butuhkan," kata seorang ibu sembari menyalami Plt Gubri. ***