DURI - Hari ini seluruh buruh yang ada di Indonesia memperingati May Day (hari buruh, red). Namun tak hanya di daerah lain, aksi buruh juga terjadi di Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis, Riau, Minggu (1/5/2016).

Sebelum melakukan pengamanan unjuk rasa, 300 personil Polri gabungan Polres Bengkalis, Polsek Mandau, Polsek Pinggir, Polsek Rupat dan Polsek Rupat Utara, serta 60 personil Brimobda Polda Riau Detasemen B Rokan Hilir, melaksanakan apel di Mapolsek Mandau, sekitar pukul 07.00 WIB.

Apel langsung dipimpin oleh Kapolres Bengkalis, AKBP Aloysius Supriyadi. Dirinya berpesan kepada seluruh personil untuk tidak menggunakan senjata api selama pengamanan may day. Tidak terpancing emosi akibat provokasi massa buruh. Sementara Sat Lantas melakukan pengalihan arus lalu lintas, untuk mengurai kemacetan.

"Buruh dilarang memblokir jalan. Jangan sampai kepentingan masyarakat umum terganggu akibat aksi unjuk rasa buruh ini. Karena tidak ada masyarakat umum yang dirugikan akibat aksi ini," jelas AKBP Aloysius saat memberikan pengarahan seperti dikutip GoRiau.com.

Ia juga berpesan kepada buruh untuk tidak mudah terpancing emosi saat melakukan aksi. Jangan merusak fasilitas milik umum. "Kalau ada yang merusak langsung kita (Polisi, red) tangkap. Jadi buruh dalam melakukan aksinya jangan melakukan hal yang aneh-aneh," tegasnya.

Personil dilapangan diharapkan mampu memantau pergerakkan massa buruh, jelasnya. "Sebisa mungkin buruh jangan melakukan hal-hal anarkis. Meskipun ini harinya buruh," tutup AKBP Aloysius Supriyadi. Aksi buruh akan dilakukan dengan titik kumpul Simpang Pokok Jengkol sekitar pukul 08.00 WIB, dilanjutkan Kantor Camat Mandau dan terakhir di Kantor Disnakertrans.***