BENGKALIS - Bupati Bengkalis, Amril Mukminin dijadwalkan memimpin upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Senin (2/5/2016) besok. Jika tak ada perubahan, inilah upacara peringatan Hardiknas pertama yang akan dipimpin mantan Kepala Desa Muara Basung, Kecamatan Pinggir itu pasca dilantik pada 17 Februari lalu.

"Sejauh ini belum ada perubahan. Sesuai keretangan yang kami terima dari ajudan Bupati, siang tadi, Bupati Bengkalis yang langsung pembina upacara," jelas Kepala Bagian Humas Pemkab Bengkalis, Johansyah Syafri, Minggu sore (1/5/2016).

Ditambahkan Johan, untuk tingkat Kabupaten Bengkalis, upacara peringatan Hardiknas tahun 2016 untuk tingkat Kabupaten Bengkalis akan dipusatkan di Lapangan Tugu Bengkalis dimulai pada pukul 08.00 WIB.

Berbeda dengan peringatan Hardiknas tahun-tahun sebelumnya, pada Hardiknas tahun 2016 ini, kata Johan, baik pembina maupun peserta upacara harus mengenakan pakaian adat atau tradisional yang disesuaikan dengan kepantasan.

"Untuk tingkat Kabupaten Bengkalis sesuai undangan, menggunakan busana Melayu Lengkap seperti yang dipakai setiap hari kerja pada Jumat siang. Menurut informasi dari Bagian Umum Sekretariat Daerah, ketentuan tentang pakaian ini sudah disampaikan dalam undangan ke masing-masing Satuan Kerja Perangkat Daerah," imbuh Johan.

Memang, tahun-tahun sebelumnya, setiap peringatan Hardiknas, belum pernah pembina upacara menggunakan pakaian yang sama dengan seluruh peserta upacara. Yang sama paling hanya pejabat eselon II, III dan IV. Memakai Pakaian Sipil Lengkap. Sementara peserta ditentukan lain. Misalnya pakaian Korpri untuk Aparatur Sipil Negara, dan seragam PGRI untuk tenaga pendidik.

"Untuk tahun ini memang beda, sesuai undangan Bupati Bengkalis Nomor: 005/DISDIK-SEKRE/2016/69 tertanggal 26 April 2016, pakaian yang digunakan sama. Pakaian Melayu Lengkap. Sesuai pedoman dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, hal demikian juga berlaku di sekolah-sekolah yang menaja kegiatan upcara serupa," pungkas Johan.(ail)