SELATPANJANG - Penyelamatan gemilang yang ditunjukkan penjaga gawang M Faizin dalam adu pinalti melawan Kampar, Minggu (28/5/2016) mengantarkan Kepulauan Meranti masuk final dalam perhelatan Pekan Olahraga Pelajar (Popda) Provinsi Riau di Pekanbaru. Padahal, M Faizin ini sebelumnya masuk dalam kandidat yang akan dicoret dari PPLP-D karena kurang disiplin selama latihan.

Adu pinalti antara Kepulauan Meranti melawan Kampar terjadi setelah kedua tim, tak berhasil mencetak gol hingga peluit panjang ditiup wasit. Bermain 2 x 40 menit, tidak mendapat waktu tambahan, dan disepakati langsung adu pinalti.

Dalam pinalti itu, M Faizin memberikan penyelamatan gemilang dengan menepis tendangan dari tim Kampar sebanyak 3 kali. Ketiga pemain Kampar gagal mengelabui M Faizin. Arah bola yang ditendang terbaca jelas oleh M Faizin. Sehingga tendangan itu tak mampu menggoyangkan jaring yang dijaga M Faizin.

Sebanyak 4 pemain Kampar yang ikut menendang pinalti, hanya satu orang yang berhasil menggoyangkan jaring gawang, sedangkan 3 pemain lainnya gagal. Sementara, 3 pemain Meranti yang ikut menendang pinalti, semuanya berhasil.

"Skor akhir pinalti itu 3:1," kata Kasi Olahraga Disparpora Kepulauan Meranti, Rayan Pribadi SH, Minggu sore.

Atas kemenangan Minggu sore, kata Rayan juga, Sepakbola Kepulauan Meranti masuk final dan melawan tim dari Pekanbaru. Turun bermain di Stadion Kaharuddin Nasution Rumbai, tim dari Meranti akan mengenakan kostum oranye-oranye dan tim Pekanbaru berkostum biru-biru.

"Besok kita final melawan Pekanbaru dan main pada pukul 15.30 WIB. Mohon doa dari seluruh masyarakat Meranti, agar tim Sepakbola kita bisa juara," kata Rayan juga.

Rupanya, menurut Rayan, M Faizin yang telah bermain apik ini sebetulnya sudah masuk kandidat atlit yang akan dicoret namanya dari PPLP-D. Sebab, selama latihan, M Faizin terkesan tidak konsisten.

"Dia masuk kandidat yang akan dicoret namanya. Tapi, saat pertandingan ini dia tampil begitu maksimal dengan menunjukkan penyelamatan yang gemilang," puji Rayan kepada M Faizin.

"Sebagai ucapan terima kasih atas usaha atlit kita ini, tadi mereka dikasih bonus dari tokoh masyarakat Meranti, dan beberapa orang lainnya," tambah Rayan. ***