BENGKALIS - Memeriahkan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis menggelar Senam Sehat bertabur hadiah yang dipusatkan di Lapangan Tugu Bengkalis, Minggu (29/5/2016).

Kegiatan yang diikuti sekitar 5.000 pelajar dan masyarakat umum itu, dibuka Bupati Bengkalis yang diwakili Pelaksana Tugas Asisten Tatapraja, Hj Ummi Kalsum. Hadir dalam kegiatan tersebut, isteri Wakil Bupati Bengkalis yang juga Wakil Ketua TP PKK Hj Lindawati Muhammad, Pelaksana Tugas Asisten Administrai Umum H Hermanto Baran, Staf Ahli Bupati Bengkalis Haholongan, Kepala Badan Lingkungan Hidup H Arman AA, Kepala Dinas Pasar dan Kebersihan H Indra Gunawan, Kadis Perikanan dan Kelautan Kabupaten Bengkalis Amril Fakhrim, Ketua PGRI Kabupaten Bengkalis dan undangan lainnya.

Dalam pengarahannya Bupati Bengkalis, Amril Mukminin diwakili Plt Asisten Tata Praja, Hj Umi Kalsum mengatakan, sumber daya manusia yang terdidik dan tercerahkan adalah kunci kemajuan daerah. Segala capaian yang kita raih sebagai individu maupun sebagai daerah secara kolektif, tentu tak lepas dari persinggungan dengan tinggi rendahnya kualitas SDM dimaksud.

"Tentunya hal ini tidak bisa dilepaskan dengan kualitas pendidikan. Karena bidang pendidikan ini tetap menjadi prioritas pembangunan di daerah ini. Bukan saja masa kini, tetapi juga ke depannya," jelasnya.

Ada tiga unsur yang harus dipenuhi agar SDM itu dikatakan berkualitas. Yaitu berakhlak yang baik, mempunyai keahlian serta mempunyai kekuatan fisik. Akhlak yang baik, katanya, dapat mendasari segala tingkah laku manusia untuk senantiasa melakukan yang terbaik, jujur, adil, serta berusaha untuk tidak merugikan orang lain dan dirinya sendiri. Sehingga keberadaannya akan selalu berguna dan tidak sia-sia.

Sedangkan dengan keahlian, seseorang akan dapat menyelesaikan pekerjaannya sesuai dengan target yang telah ditentukan, baik dalam segi waktu maupun kualitas. Jadi, manusia yang mempunyai keahlian akan sangat berguna untuk dapat menghasilkan barang dan jasa yang berkualitas.

"Sementara kekuatan fisik yang prima, akan sangat berguna jika diarahkan pada hal-hal yang positif," ujar Umi Kalsum.

Umi Kalsum menyambut baik ditaja senam tersebut. Melalui senam, imbuhnya, bukan hanya berpengaruh dalam pembentukan kekuatan fisik dalam pengertian menjadi tubuh yang sehat, tetapi juga menjadi jiwa yang sehat.

"Mens sana in corpore sano. Di dalam tubuh yang kuat terdapat jiwa yang sehat", ujar perempuan berkerudung dan berkacamata.

Masih kata Umi Kalsum, untuk mendapatkan tubuh yang kuat dan sehat kita perlu berolahraga. Bila badan kuat dan sehat, maka jiwa pun sehat. Kalau jiwa sehat, pikiran pun jernih. Tapi kalau jiwa sakit, pikiran jernih pun terbang, logika menghilang.

"Fisik dan mental yang kuat, jasmani dan rohani yang sehat, akan menghasilkan individu-individu tangguh, dan muaranya adalah sebuah daerah yang hebat dan diperhitungkan," pungkas Umi Kalsum.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Bengkalis melalui Sekretaris Dinas Pendidikan, Supardi mengatakan, senam sehat ini merupakan rangkaian kegiatan peringatan Hardiknas yang jatuh pada 2 Mei 2016 lalu. Ada beberapa kegiatan telah dilaksanakan, diawali dengan upacara peringatan Hardiknas pada 2 Mei yang lalu dan ditutup dengan senam sehat ini.

''Disdik Bengkalis membagikan 5.000 kupon undian kepada siswa dan masyarakat Kota Bengkalis yang mengikuti senam senam pagi ini. Kita juga menyediakan hadiah utama1 unit sepeda motor, 4 sepeda, 2 TV LCD, 2 Kulkas, 2 mesin cuci, 3 tablet, 5 kipas angin dan puluhan hadiah hiburan menarik lainnya,'' ujar Pardi.

"Alhamdulillah, yang mendapatkan hadiah undian kebanyakan dari siswa dan masayarakat umum. Bagi yang belum beruntung jangan berkecil hati dan tahun depan ikut lagi," ujar Pardi.***

https://www.goriau.com/assets/imgbank/29052016/foto1jpg-4677.jpgIsteri Wakil Bupati Bengkalis yang juga Wakil Ketua TP PKK, Hj Lindawati Muhammad didampingi Sekretaris Dinas Pendidikan, Supardi (kiri) menyerahkan hadiah utama sepeda motor kepada peserta yang beruntung.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/29052016/foto2jpg-4676.jpgPlt Asisten Tata Praja, Hj Umi Kalsum dan Isteri Wakil Bupati Bengkalis, Hj Lindawati Muhammad mengikuti Senam Sehat.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/29052016/foto3jpg-4675.jpgPeserta Senam Sehat antusias menantikan pencabutan undian.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/29052016/foto4jpg-4674.jpgPlt Asisten Tata Praja, Hj Umi Kalsum didampingi Sekretaris Dinas Pendidikan, Supardi menyerahkan hadiah kepada peserta yang beruntung.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/29052016/foto5jpg-4673.jpgSekretaris Dinas Pendidikan Bengkalis, Supardi (kiri), Isteri Wakil Bupati Bengkalis Hj Lindawati Muhammad dan Plt Asisten Tata Praja Hj Umi Kalsum mengikuti Senam Sehat bersama pelajar dan masyarakat umum.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/29052016/foto6jpg-4672.jpgSekitar 5.000 peserta Senam Sehat semangat mengikuti gerak instruktur.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/29052016/foto7jpg-4671.jpgSekretaris Dinas Pendidikan Bengkalis, Supardi foto bersama pelajar yang beruntung.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/29052016/foto8jpg-4670.jpgIsteri Wakil Bupati Bengkalis, Hj Lindawati Muhammad mengundi kupon lucky draw.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/29052016/foto9jpg-4669.jpgIsteri Wakil Bupati Bengkalis, Hj Lindawati Muhammad menyerahkan hadiah kepada pelajar yang beruntung.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/29052016/foto10jpg-4668.jpgIsteri Wakil Bupati Bengkalis, Hj Lindawati Muhammad didampingi Sekretaris Dinas Pendidikan Bengkalis, Supardi foto bersama peserta yang beruntung mendapat hadiah.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/29052016/foto11jpg-4667.jpgPara pejabat yang hadir pada acara Senam Sehat sempena memeriahkan Hardiknas.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/29052016/foto12jpg-4666.jpgPlt Asisten Tata Praja, Hj Umi Kalsum didampingi Sekretaris Dinas Pendidikan, Supardi membacakan kupon peserta yang beruntung.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/29052016/foto13jpg-4665.jpgSekretaris Dinas Pendidikan Bengkalis, Supardi mengundi kupon lucky draw.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/29052016/foto14jpg-4664.jpgSekretaris Dinas Pendidikan Bengkalis, Supardi foto bersama dengan panitia Senam Sehat usai acara.