SELATPANJANG - Kabupaten Kepulauan Meranti memperoleh juara umum II Sepakbola pada Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Riau XIII tahun 2016. Itu diperoleh setelah Meranti gagal pada partai final melawan Pekanbaru, Minggu (29/5/2016) di Stadion Kaharuddin Nasution Rumbai.

Hal itu sebagaimana disampaikan Ketua Kontingen Popda Kepulauan Meranti Rayan Pribadi SH, ketika dihubungi GoRiau Minggu malam. Kata Rayan, pada partai final Minggu sore, tim kesebelasan Meranti telah berusaha maksimal. Namun, telah dikalahkan tim Pekanbaru yang rata-rata diisi pemain PPLP Riau dengan skor 2:0.

"Adik-adik sudah bermain maksimal saat final sepakbola. Begitu juga dengan cabor lain yang masuk semifinal dan final. Kualitas saja yang membedakan," kata Rayan.

Dikatakan Rayan lagi, secara umum, grafik prestasi olahraga Kepulauan Meranti sudah menunjukkan peningkatan. Dimana pada Popda 2014 lalu, dengan menurunkan kekuatan 148 atlet, Meranti hanya mampu menyumbangkan 5 medali. Sedangkan pada Popda 2016 ini, dengan menurunkan 89 atlet, kata Rayan juga, Meranti memperoleh 9 medali.

"Dari 8 Cabor yang kita ikutkan sebanyak 6 cabor meraih Medali. Hanya Voli dan Tenis Meja yang belum beruntung," beber Rayan.

Selanjutnya kata Rayan, bahwa hal yang sangat mempengaruhi peringkat klasemen Popda itu juga karena Meranti tidak berpartisipasi pada Cabor Atletik yang menyediakan 36 medali dan Renang 90 medali.

Rata-rata Kabupaten Kepulauan Meranti hanya mengirimkan cabor beregu. Sehingga, medali yang diperebutkan juga sedikit.

Seperti Sepakbola, meskipun atletnya 20 orang, medalinya yang diperebutkan hanya 1. Basket 24 atlet (putra/ putri, red) medali yang diperebutkan hanya 2. Atau Takraw, dari 17 atlet, medalinya hanya 2 yakni tim dan beregu.

"Tapi Alhamdulillah, adik-adik sudah menunjukkan di level Riau, bahwa Meranti ada. Khususnya sepakbola yang merupakan olahraga rakyat," tutup Rayan.

Berikut Medali yang berhasil dikumpulkan Kepulauan Meranti pada Popda 2016. Cabor Silat dapat 1 medali perak dan 1 medali perunggu. Cabor Badminton dapat 1 medali medali perunggu. Cabor Basket Putri dapat 1 perunggu. Cabor Takraw dapat 1 medali perak dan 1 perunggu. Cabor Tenis Lapangan 2 medali perunggu, serta Sepakbola 1 medali perak. ***