PEKANBARU - Aksi balap liar yang kerap dilakukan sejumlah kalangan anak muda di Kota Pekanbaru, Riau khususnya akhir pekan mendadak sepi. Pasalnya, puluhan aparat berwajib 'mangkal' di lokasi yang biasa mereka jadikan ajang kebut-kebutan, Minggu (26/6/2016) dini hari.

Tak ayal, melihat puluhan polisi berjaga-jaga membuat para pebalap liar ini praktis kebingungan, atau bahasa bekennya Gegana alias gelisah galau merana. Mereka pun hanya bisa gigit jari sembari sesekali memantau polisi dari kejauhan, untuk memastikan apakah sudah pergi atau belum.

"Kita melaksanakan kegiatan cipta kondisi untuk mengantisipasi balap liar serta kejahatan konvensional lainnya. Karena banyak laporan bahwa dibeberapa lokasi sering dijadikan ajang trek-trekan," ujar Kapolsek Bukit Raya Kompol Firman VWA Sianipar, Minggu dini hari.

Firman yang ikut turun langsung menghalau pebalap liar ini mengungkapkan, pihaknya mengerahkan sedikitnya 25 personil yang ditempatkan dititik rawan balap liar, seperti di depan Purna MTQ dan persimpangan (Tugu Payung), tepatnya akses jalan menuju ke Bandara SSK II.

"Kita bagi jadi beberapa tim, sebagian patroli dan sisanya kita ploting. Ada yang berpakaian sipil dan juga ada berseragam. Kendaraan dinas juga kita parkirkan di sini untuk kesiap-siagaan, jika seandainya ada laporan aksi kejahatan," singkat Kapolsek kepada GoRiau.com.

Terpisah, Kanit Reskrim Polsek Bukit Raya, Ipda M Bahari Abdi memastikan, bahwa unitnya bakalan bersiaga penuh hingga saat sahur nanti. "Karena cenderung pebalap liar ini mainyan mulai tengah malam hingga subuh. Karena itu kita standby di sini," sambung dia.

"Sejauh ini masih kondusif. Memang sesekali mereka hilir mudik memantau aktivitas kita (polisi, red). Harapannya mereka menunggu polisi bubar. Yang jelas jika nanti kita temukan ada yang balapan, kita akan melakukan penindakan," pungkas Ipda M Bahari Abdi.

Tak mau kalah, Polisi Lalu Lintas dari Polresta Pekanbaru juga berjaga-jaga di lokasi berbeda, yakni seputaran Jalan Cut Nyak Dien dan kawasan Jalan Diponegoro. Karena seperti yang diketahui, tempat-tempat ini memang jadi ajang favorit pebalap liar beradu cepat.

Walhasil, mulai tengah malam tadi sampai dini hari, pebalap liar ini tak bisa berbuat banyak karena semua lokasi 'mainnya' sudah dijaga aparat berwajib. Sesekali mereka tampak berputar-putar sambil melihat situasi. Namun tetap saja, kali ini polisi tabah menunggui 'lapak' balapan mereka hingga subuh. ***