PANGKALANKERINCI - Pemuda diharapkan bisa benar-benar mandiri dan membantu Pemerintah Desa (Pemdes) dalam menjalankan pemerintahan desa. Tak hanya itu, pemuda juga dituntut untuk kreatif dan inovatif.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Karang Taruna Kabupaten Pelalawan, H Zukri, Sabtu (28/5/2016), usai melantik pengurus Karang Taruna Desa Bukit Gajah, sekaligus penyerahan piala Turnamen Futsal Babinkamtibmas Cup 1 Desa Bukit Gajah, Kecamatan Ukui.

"Karang Taruna harus berkontribusi terhadap desa, bantu Kepala Desa (Kades) dalam membangun desa," imbaunya.

Menurut Zukri, jika pemuda sudah tak berbuat apa-apa, maka kampung tersebut akan seperti kampung mati. "Karenanya pemuda harus kreatif dan inovatif dalam segala bidang, terutama ekonomi. Karna ini penting dalam kehidupan," katanya.

Diingatkan Zukri, banyak peluang yang bisa dimanfaatkan oleh para pemuda desa, dari beberapa program yang ada. Salah satunya Kelompok Usaha Bersama (KUBE).

"Kalau belum ada, bisa segera dibentuk KUBE ini. Karena banyak bantuan dari program yang bisa dimanfaatkan," terangnya.

Zukri berpesan, pemuda Karang Taruna harus bisa berperan dalam segala kegiatan di desa. "Pemuda harus bisa menciptakan peluang usaha dan mandiri dan bisa menjadi motor penggerak perekonomian desa," tutupnya.(***)