TELUKKUANTAN - Saat ini pemerintah membutuhkan pemuda yang kreatif dan idealis dalam melakukan pembangunan. Hal ini disampaikan Arafik, ST selaku Ketua Karang Taruna (KT) Kuantan Singingi (Kuansing), Riau saat mengukuhkan pengurus Karang Taruna Tunas Harapan Desa Pantai Kecamatan Kuantan Mudik, Sabtu (30/4/2016) lalu.

"Maka bukan saatnya lagi bila pemuda hanya bisa mengandalkan uluran tangan orang lain dalam melaksanakan kegiatan, jangan biasakan bermain-main dengan proposal bantuan dana meminta belas kasihan," ujar Arafik.

Apalagi, lanjut Arafik, Desa Pantai memiliki banyak potensi yang bisa digali dalam pembangunan ekonomi produktif. Salahsatunya tempat wisata, koperasi pemuda, ditambah potensi sumber daya alam yang melimpah. Hal ini terlihat dengan keberadaan lahan perkebunan baik perusahaan maupun masyarakat. "Untuk menciptakan peluang tersebut kita membutuhkan pemuda-pemuda kreatif dan inovatif," katanya.

Menurutnya, tugas pokok pemuda yakni bersama-sama dengan pemerintah dan komponen masyarakat lainnya untuk menanggulangi berbagai masalah kesejahteraan sosial di desa.

"Terutama yang dihadapi generasi muda kita, baik yang bersifat preventif, rehabilitatif, maupun pengembangan potensi generasi muda," ujar Arafik.

Sementara, Kepala Desa Pantai Marwin mengapresiasi kepada pengurus Karang Taruna Kabupaten yang sudah mensupervisi berdirinya karang taruna Tunas Harapan Desa pantai, sampai ke tahap pelantikan. Ia berharap, ke depan dengan hadirnya Karang Taruna di Pantai, pengurus yang sudah dilantik jangan sampai putus komunikasi dengan KT Kabupaten.***