TELUKKUANTAN - Dua tokoh sentral Kuantan Singingi (Kuansing), H. Sukarmis dan Drs. H. Mursini, MSi terlihat mesra kembali. Dalam hal politik, mereka berseteru setelah bersama-sama memimpin Kuansing periode 2006-2011.

Ya, pada tahun 2006, Sukarmis - Mursini merupakan bupati pilihan rakyat dengan kemenangan mutlak mengalahkan tiga pasangan lainnya.

Dalam perjalanan memimpin Kuansing, Sukarmis dan Mursini dikabarkan pecah kongsi. Puncaknya pada Pilkada 2011. Dimana, Sukarmis dan Mursini berebut jadi orang nomor satu di Kuansing. Akhirnya, Pilkada dimenangkan oleh Sukarmis.

Ketegangan antara keduanya sempat kendor. Hal itu terlihat pada tahun 2014, ketika Mursini duduk sebagai Anggota DPRD Provinsi Riau. Dalam berbagai kesempatan, keduanya sempat terlihat bersama. Seperti, menyaksikan pertandingan bola basket antar SMA di Pekanbaru.

Awal 2015, tensi politik antara Sukarmis dan Mursini kembali naik. Ketika Mursini maju sebagai Calon Bupati Kuansing dan pada akhirnya berpasangan dengan Halim. Sementara, Golkar yang diketuai Sukarmis mengusung Indra Putra - Komperensi.

Perseteruan semakin panas ketika calon yang diusung Golkar kalah tipis dari Mursini. Walau menghadiri pelantikan Mursini, namun hubungan di antara keduanya belum normal.

Hingga pada Jumat (22/7/2016) lalu, ketika Kejaksaan Negeri (Kejari) Kuansing memperingati Hari Bhakti Adhyaksa yang ke-56, Sukarmis dan Mursini hadir dan tertawa lepas tak terbendung di antara keduanya. Mereka bersenda gurau di sela-sela acara. Tak sedikit pun terlihat ada perseteruan, seperti yang ditampilkan para pendukungnya.

Usut punya usut, ternyata Sukarmis dan Mursini mulai 'mesra' sejak kegiatan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) tingkat Provinsi Riau yang dilaksanakan di Pulau Bungin, Telukkuantan. Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman yang juga Ketua Golkar Riau.

Berada di Kuansing, Andi Rachman tidak menyia-nyiakan kesempatan yang ada. Ia 'mendamaikan' kedua tokoh sentral Kuansing ini. Tepatnya Selasa (19/7/2016) malam. Usai makan malam di rumah dinas bupati, Andi langsung mengajak Mursini ke rumah Sukarmis di Sentajo.

Menurut informasi yang diperoleh GoRiau.com, pembicaraan enam mata (Andi-Sukarmis-Mursini) terjadi hingga pukul 24.00 Wib. Kurang jelas apa yang dibicarakan ketiganya. Yang jelas, Sukarmis dan Mursini kembali mesra.***