PEKANBARU - Proses evakuasi warga di wilayah Kecamatan Rokan IV Koto Rokan Hulu Riau, sedikit terkendala dengan minimnya perahu karet dan kurangnya jumlah personil. Bukan hanya evakuasi warga saja, BPBD Rohul juga kesulitan menyalurkan bantuan logistik bagi korban banjir.

"Kendala kita saat ini, masih terbatasnya peronil dan perahu karet untuk melakukan upaya evakuasi dan penyaluran logistik, apalagi beberapa titik saat ini terbilang sulit karena deras dan tingginya debet air,"ujar danton BPBD Rohul Ujung batu, Agusman Kenedy, Senin (08/02/2016).

Menurut Agusman Kenedy, proses evakuasi saat ini masih terkonsentrasi  di dua dusun yang saat ini masih terisolir, yakni Dusun Rantau Upih dan dusun Sungai Kacang di Kecamatan Rokan IV koto. Pihaknya juga sudah mengerahkan 12 orang personil serta empat perahu karet yang ada.

Di Sungai Kacang, BPBD Rohul saat ini masih berupaya untuk mengevakuasi sebanyak 25 Kepala Keluarga yang terjebak di tengah luapan sungai yang mencapai ketinggian 1.5 meter.

"Saat ini hanya tinggal lima kepala keluarga lagi di Dusun Sungai Kacang yang masih belum bisa kami evakuasi, karena banyak semak belukar, akses jalur perahu disana sulit dilalui," tukas Agus.

Selain di sana, upaya evakuasi juga masih dilakukan di Dusun Rantau Upih, petugas saat ini terus berupaya untuk menyelamatkan sekitar 50 Kepala Keluarga yang terjebak banjir. Beratnya medan juga diperparah dengan putusnya komunikasi di wilayah tersebut.

Tim BPBD Rohul juga sudah mendapat bantuan dari Personil TNI-Polri dan Relawan dari BPBD, Tagana Dinsosnakertrans Rohul serta Palang Merah Indonesia (PMI) Rohul,  yang ikut membantu dalam proses evakuasi warga.  

Lanjut Agusman, Warga yang sudah berhasil dievakuasi,  kemudian langsung di antar ke rumah keluarga mereka yang tidak terkena dampak banjir.  Tim juga sudah membuka dapur umum, di Pasar Rokan Kelurahan Rokan IV koto, guna membantu menyuplai makanan para korban banjir.

"Kami sudah buka dapur umum, tetapi untuk tenda pengungsian kami belum sempat mendirikannya, karena seluruh personil masih fokus melakukan evakuasi terhadap warga," jelasnya.

Hingga saat ini  belum ada laporan terkait adanya korbann jiwa dalam musibah banjir yang terjadi di wilayah Kelurahan rokan IV koto. (rls)