PEKANBARU - 12 orang personil Bhabinkamtibmas se-Riau, mendapatkan penghargaan di hari HUT Bhayangkara ke-70, 1 Juli 2016. Sebagai ujung tombak Polri dan berdiri paling depan dengan masyarakat, mereka dinilai berjasa dan mampu membawa dampak positif bagi masyarakat.

Penghargaan tersebut, disematkan langsung oleh Kapolda Riau, Brigjen Supriyanto disela-sela apel HUT Bhayangkara ke-70, yang digelar di Sekolah Polisi Negara (SPN) Pekanbaru, Jumat (1/7/2016) pagi. Mereka dinilai mampu menciptakan desa yang aman, serta jadi pilot project pengembangan Polmas.

"Bhabinkamtibmas merupakan personil yang berada paling depan, ujung tombak dan langsung bersentuhan dengan masyarakat sampai ke tingkat desa. Segala hal menyangkut preemtif dan preventif serta tindakan polisionil mereka diterapkan dengan baik," kata Kabid Humas Polda Riau, AKBP Guntur Aryo Tejo.

Penghargaan yang diberikan berupa sertifikat dan piala. "Reward tersebut untuk memacu desa lainnya agar meniru apa yang dilakukan oleh yang berprestasi ini, sehingga dimulai dari sana, secara keseluruhan se-Riau, akan berdampak pada pemelirahaan Kamtibmas," sambung Guntur.

Data yang dirangkum GoRiau.com, ke-12 orang ini dinilai mampu memberdayakan BKMP, FKMP, problem solving, dan door to door system sinergitas tiga pilar pembangunan pedesaan, mampu bersosialisasi, zero Karhutla dan mampu menekan angka kriminalitas.

Mereka antara lain:

1. Brigadir Sari Malau, Bhabinkamtibmas Kelurahan Batu Teritip Kecamatan Sungai Sembilang Polres Dumai.

2. Brigadir Rico Rizki Masri, Bhabinkamtibmas Desa Tanah Merah Kecamatan Siak Hulu Polres Kampar.

3. Aiptu Joko Susilo, Bhabinkamtibmas Desa Bukit Gajah Kecamatan Ukui Polres Pelalawan.

4. Bripka Suryawan Fadlin, Bhabinkamtibmas Desa Simpang Gaung Kecamatan Gaung Polres Inhil.

5. Brigadir Iskandar, Bhabinkamtibmas Desa Sei Alam Kecamatan Bengkalis Polres Bengkalis.

6. Bripka S Bagus Kuncoro, Bhabinkamtibmas Kelurahan Tangkerang Timur Kecamatan Tenayan Raya Polresta Pekanbaru.

7. Brigadir M Rifai Harahap, Bhabinkamtibmas Kepenghuluan Bangko Kanan Kecamatan Bangko Pusako Polres Rohil.

8. Bripka Misran, Bhabinkamtibmas Kelurahan Pematang Reba Kecamatan Rengat Barat Polres Inhu.

9. Bripka T Ishak, Bhabinkamtibmas Kelurahan Selat Panjang Barat Kecamatan Tebing Tinggi Polres Kepulauan Meranti.

10. Briptu Nofri Yanto, Bhabinkamtibmas Kelurahan Kampung Rempak Kecamatan Siak Polres Siak.

11. Briptu Ardiansyah, Bhabinkamtibmas Desa Perbaun Hilir Kecamatan Kuantan Mudik Polres Kuansing.

12. Brigadir Irawan Effendi, Bhabinkamtibmas Desa Koto Tinggi Kecamatan Rambah Polres Rohul.

"Prestasi lain mereka, ada yang mengajar baca tulis ke suku pedalaman, door to door memberikan pendidikan, mengajarkan tekhnologi di pedesaan dan lain sebagainya. Salah satunya seperti Brika Suryawan," kata Guntur kepada GoRiau.com.

Selain itu Polda Riau juga memberikan reward untuk Polsek pilot project pengembangan Polmas Program JICA, diantaranya Polsek Rengat Barat, Polsek Tebingtinggi dan Polsek Bengkalis. Penghargaan lainnya, yakni desa/kelurahan paling aman tahun 2016.

Desa-desa itu antara lain berada di Polres Inhil, Polres Siak, Polres Rohil, Polresta Pekanbaru, Polres Bengkalis, Polres Rohul, Polres Kepulauan Meranti, Polres Inhu, Polres Dumai, Polres Kampar, Polres Pelalawan dan Polres Kuansing. ***