PEKANBARU - Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Pemadam Kebakaran Kota Pekanbaru, Riau, Jumat (29/4/2016) siang, 'kebanjiran' tugas pasca hujan lebat yang mengguyur hampir seluruh kawasan di sini. Kenapa tidak, dibeberapa titik terdapat genangan air dan pohon tumbang.

Pohon tersebut tumbang ke ruas jalan, hingga membuat arus lalu lintas menyendat. Salah satu lokasi yakni di kawasan Jalan Diponegoro, Pekanbaru, tak jauh dari salah satu Kampus di sana. "Sebagian petugas sudah membersihkan dahan-dahan pohon yang tumbang tersebut," ungkap kepala BPBD dan Damkar Kota, Burhan Gurning.

Sementara petugas lainnya, berjibaku membersihkan jalanan yang juga tertutup pohon tumbang dibeberapa tempat lainnya. Walhasil, mereka 'kebanjiran' tugas dadakan pasca hujan deras dan angin kencang yang melanda Pekanbaru siang tadi. Bahkan juga ada baleho yang rubuh akibat peristiwa alam ini.

Belum lagi genangan air yang terjadi akibat buruknya drainase jalan. "Umumnya lokasi yang tergenang air ini drainasenya tidak berfungsi optimal. Banyak yang tersumbat dan dangkal," ungkap Burhan.

Ia menghimbau agar masyarakat untuk menjaga lingkungan serta tidak membuang sampah sembarangan, apalagi di selokan yang dapat menyumbat aliran air. "Sekarang cuaca tidak menentu, kapan saja ada potensi banjir, kita minta warga waspada," singkat dia. ***