TEMBILAHAN- Badan Pelaksana Penyuluhan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Inhil, menggelar lomba cipta menu beragam bergizi seimbang dan aman (B2SA), Selasa (26/7/2016) di gedung Engku Kelana Tembilahan.

Kegiatan yang dibuka oleh Bupati Inhil, HM Wardan itu, diikuti oleh peserta dari 20 kecamatan di Inhil yang terdiri dari Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan dan para anggota.

Kepala BP2KP, Fajar Husin dalam sambutannya menuturkan bahwa kegiatan B2SA sudah merupakan program Nasional, yang dilaksanakan setiap tahun mulai dari tingkat Nasional, Provinsi, Kabupaten hingga Kecamatan. 

Ia menjelaskan, tujuan diadakannya kegiatan cipta menu ini tidak lain adalah untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat akan pentingnya mangkonsumsi pangan beragam, bergizi seimbang dan aman.

Selain itu, juga untuk mendorong dan meningkatkan kreativitas masyarakat dalam mengembangkan atau menciptakan menu B2SA berbasis sumber daya lokal.

''Juga untuk membangun budaya keluarga untuk mengkonsumsi aneka ragam jenis pangan dengan porsi seimbang,'' sebutnya.

Ia berharap, dampak positif dari kegiatan, yaitu semakin banyaknya pengguna panganan lokal seperti  jagung, sukun dan sebagainya, yang diolah sebagai pengganti beras. 

''Diharapkan penyajian makan yang beragam, bergizi dan seimbang dan aman ini tidak hanya pada saat lomba seperti ini, tapi hendaknya dapat diterapkan dan dikonsumsi di rumah tangga masing-masing,'' tukas Fajar Husin.(*/ayu)