PANGKALAN KERINCI - Mendonorkan darah untuk orang lain merupakan kebahagiaan tersendiri Abdul Hadi (47). Ia mengatakan dengan mendonorkan darah ia turut menyelamatkan satu nyawa.

Ia selalu rutin mendonorkan darah setiap tiga bulan sekali. Sebab, setelah mendonorkan darah, ia merasa tubuhnya lebih sehat dan bugar.

''Saya telah menjadi pendonor darah sejak tahun 2010 lalu dan hal itu membuatubuh saya lebih segar. Saya pun mempraktekkan pola hidup sehat agar bisa rutin untuk donor darah. Semoga darah saya dapat menolong orang lain,'' ujar karyawan Maintanance Woodyard ini PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP).

Ketua KDD Riau Komplek, H Raylus Nurdin mengatakan dari tahun ke tahun kegiatan yang bertema 'Setetes Darah Anda Selamat Jiwa Sesama' ini selalu diikuti antusias warga Riau Komplek dan sekitarnya. Ia mengatakan darah yang terkumpul bukan hanya untuk stok di Kabupaten Pelalawan saja, tetapi juga untuk Pekanbaru. Darah yang berhasil terkumpul pada kegiatan tersebut berjumlah 314 kantong atau setara dengan  109.900 cc darah.

"Tahun 2016 ini sudah dua kali diadadakan. Maret lalu terkumpul juga lebih 300 kantong. Kali ini antusiasnya lebih banyak, terutama pendonor baru. Dan donor kali ini juga dibantu oleh PMI Pekanbaru," jelasnya.

Koordinator Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Pekanbaru, dr Rona Febriyani apresiasi antusiasme warga Riau Komplek untuk mendonorkan darah mereka. Menurutnya, sangat jarang ditemukan hal seperti ini ditempat lain.

"Darah para pendonor sangat membantu stock darah di PMI. Dari tahun ketahun, saya puas melayani disini karena jumlah kantong darah selalu diatas angka 300. Saya harap kegiatan ini diadakan rutin agar dapat membantu mereka yang membutuhkan darah," ujarnya.

Sementara itu, Direktur RAPP, Rudi Fajar mengatakan kegiatan ini selain untuk menolong sesama, juga sebagai ajang silahturrahmi para warga Riau Komplek. Kegiatan ini menunjukkan para karyawan peduli dengan keselamatan hidup seseorang.

"Moment seperti ini mahal sekali. Para karyawan bisa bersilahturrahmi menjalin keakraban. Ini sangat jarang terjadi. Semoga kedepan antusiasme semakin meningkat," tutupnya. ***