JAKARTA - Empat gubernur dan dua wakil gubernur akhirnya dilantik Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Rabu (25/5/2016). Salah satunya adalah Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman.

Pada kesempatan itu, Jokowi berpesan agar para gubernur dan wakil gubernur untuk mendekatkan diri dengan rakyat dan tidak hanya kerja di belakang meja.

"Saya harap Gubernur dan Wakil Gubernur selalu mendekatkan diri ke rakyat, jangan kerja di belakang meja saja. Harus terjun ke lapangan," kata Jokowi.

Empat Gubernur yang dilantik, yakni Gubernur Kepulauan Riau Nurdin Basirun, Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi, Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman dan Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran.

Adapun dua wakil Gubernur yang dilantik, yakni Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Habib Said Ismail dan Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Paduka Paku Alam X.

"Saudara menjalankan tugas maha berat mewujudkan janji saudara. Dan memastikan semua rakyat di daerah cukup pangan, air bersih, listrik, transportasi umum, serta layanan pendidikan dan kesehatan yang baik," tambah Jokowi.

Jokowi juga mengingatkan bahwa Gubernur dan Wakil Gubernur merupakan wakil pemerintah di daerah. Oleh karena itu, kebijakan yang diambil Gubernur di daerahnya masing-masing harus selaras dengan pemerintah pusat.

"Dan gubernur juga harus sesuai visi misi presiden dan Nawacita. Dengan bekerjasama, kita bisa bersinergi mempercepat pembangunan nasional,'' harap Presiden. ***