PADANG - Peringatan Hari Buruh atau May Day 2016, Minggu (1/5/2016) juga diperingati google dalam Google Doodle dengan menampilkan gambar menarik soal buruh. Google Doodle hari ini  menampilkan animasi di halaman depannya yang menggambarkan ada beberapa orang yang tengah melakukan pekerjaanya , disetiap huruf google digambarkan dengan berbeda jenis pekerjaannya.

Seperti yang dilansir dari laman Wikipedia , Hari Buruh pada umumnya dirayakan atau diperingati pada tanggal 1 Mei, dan dikenal dengan sebutan May Day. Hari buruh ini merupakan sebuah hari libur tahunan yang berawal dari usaha gerakan serikat buruh untuk merayakan keberhasilan ekonomi dan sosial para buruh.

Sejarah Singkat Hari Buruh Sedunia atau May Day,

Dalam sejarah hari buruh ada bermacam-macam versi , akan tetapi yang paling kuat adalah berdasarkan tragedi Haymarket pada tahun 1886.

Dimana pada waktu itu sekitar 400 ribu buruh di Amerika Serikat mengadakan demonstrasi besar-besaran untuk menyampaikan tuntuan mereka dalam pengurangan jam kerja. Aksi ini berlangsung hingga 4 hari sampai tanggal 4 Mei 1886.

Dan karena Merasa kewalahan dengan aksi demonstrasi tersebut , maka para polisi Amerika Serikat melakukan penembakan untuk menghentikan aksi demonstrasi tersebut . Sehingga , dari aksi penembakan polisi AS ini korban tewas pun berjatuhan , sebanyak ratusan buruh yang ikut dalam demo tersebut meninggal dunia .

Begitu juga , dengan pemimpin gerakan demonstrasi tersebut akhirnya ditangkap dan dihukum mati. Dan untuk Untuk menghormati para buruh yang tewas dalam aksi demonstrasi itu, maka Kongres Sosialis Dunia yang digelar di Paris pada Juli 1889 menetapkan tanggal 1 Mei sebagai Hari Buruh Sedunia (May Day). (***)