PEKANBARU - Gerakan Nusantara Mengaji yang digelar Majlis Tahfid dan Hataman Alquran (MATAN) akan dilakukan serentak di seluruh tanah air pada tanggal 7 dan 8 Mei 2016. Untuk Provinsi Riau, kegiatan serupa akan dibuka di Kecamatan Bunga Raya, Kabupaten Siak.

Ketua DPW PKB Riau Abdul Wahid, S.Hi mengatakan, kegiatan yang diinisiasi mantan Menteri Tenaga Kerja RI H. Muhaimin Iskandar dengan mengkhatamkan Alquran sebanyak 300.00 kali dalam waktu yang sama itu, mendapat respon positif dari masyarakat luas.

"Gerakan Nusantara Mengaji ini adalah kegiatan nasional untuk mendoakan bangsa mencapai kemakmuran. Sehingga pemerintah bisa bekerja dengan maksimal," jelas Abdul Wahid, Kamis (4/5/2016).

Sejauh ini, lanjut Wahid, animo masyarakat terhadap Gerakan Nusantara Mengaji di Riau cukup besar bahkan melampaui target. Setelah didata ada sekitar 18 ribu orang akan ambil bagian dalam kegiatan ini dengan 9 ribu kali khataman.

Gerakan Nusantara Mengaji akan berlangsung serentak di Pondok Pesantren, Masjid dan Mushola seluruh daerah di Provinsi Riau. Sedangkan di Siak sebagai acara pembukaan menghadirkan Ketua PBNU Said Aqil Siradj. Pada saat yang sama untuk kegiatan nasional akan ditayangkan secara live di TVRI.

Menurut Wahid, siapa saja bisa berpartisipasi menjadi bagian dari khataman ini, minimal membaca 1 juz Alquran sesuai kemampuan jumlah juz yang akan dibaca. Masyarakat yang berminat untuk menjadi bagian dari kegiatan ini bisa mendaftar melalui website www.nusantaramengaji.comm

"Nanti panitia akan mengirimkan SMS, juz berapa yang akan dibaca," tutup Wahid. (**/rul)