BAGANSIAPIAPI - Bupati Rokan Hilir (Rohil), Riau Suyatno, AMp melantik 61 Pejabat Sementara (Pjs) Penghulu se-Kabupaten Rohil sekaligus menggelar acara peresmian kelurahan.

Ada tiga kelurahan yang diresmikan yaitu Kelurahan Melayu Besar di Kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan, Kelurahan Penipahan Kota di Kecamatan Pasir Limau Kapas dan Kelurahan Sinaboi di Kecamatan Sinaboi.

Usai pengambilan sumpah jabatan dan penyematan pin kepangkatan kepada Pj Lurah dan Pjs Kepenghuluan, Suyatno mengatakan bahwa pelantikan merupakan tindak lanjut dari perkembangan untuk pembentukan kelurahan serta berakhirnya masa jabatan Plt ditingkat kepenghuluan.

Menghadapi Pilkades, kata Suyatno, pemerintah berkeinginan untuk mengadakannya secara serentak. Namun rencana tersebut terpaksa ditunda mengingat pada tahun 2015 kemaren, ada perhelatan pemilihan kepala daerah.

"Sesuai dengan Undang-Undang Desa, masa jabatan Plt harus diganti dengan PNS sampai pada terpilihnya penghulu yang baru," kata Suyatno, Jumat (12/2/2016) dihadapan seluruh unsur Muspida di gedung serbaguna, Bagansiapiapi.

Dia mengungkapkan dengan usai pelantikan ini, maka usailah tugasnya untuk melantik PNS di lingkungan Pemkab Rohil. Pelantikan itu merupakan langkah awal dalam rangka pelaksanaan Pilkades serentak bulan Juni tahun ini.(amr)