BENGKALIS - Sesuai tema peringatan HUT ke-66 Satpol PP dan HUT ke-54 Satlinmas tahun 2016, Bupati Bengkalis, Amril Mukminin mengajak seluruh anggota Polisi PP dan Linmas di kabupaten berjuluk Negeri Junjungan ini menjadi pelayan masyarakat humanis, berdedikasi, serta disiplin dan tegas.

Kata mantan Kepala Desa Muara Basung ini, baik Satpol PP maupun Satlinmas, memiliki peran strategis dalam menyelenggaran urusan ketentraman, ketertiban umum, dan perlindungan masyarakat. ''Karena itu, Satpol PP dan Linmas di daerah ini harus dapat mewujudkan pola sikap dan perilaku yang humanis, berdedikasi, disiplin, dan tegas dalam menjalankan tugas, kewajiban, serta kewenangannya. Bukan justru sebaliknya,'' harap Amril, Selasa (5/4/2016).

Di bagian lain, Amril yang tidak bisa hadir pada acara tersebut karena ada agenda yang sudah terjadwal sebelumnya, mengatakan, keberadaan Satpol PP juga merupakan salah satu potensi sumber daya aparatur yang sangat penting dalam Pemkab Bengkalis.

Terlebih, imbuhnya, dalam era keterbukaan informasi saat ini, dimana masyarakat dapat dengan mudah mengakses informasi. Kemudian membandingkannya kualitas pelayanan yang dilakukan oleh aparatur pemerintah, tidak terkecuali Satpol PP.

Jika pelayanan yang diberikan tidak maksimal, maka secara real time atau cepat dapat terpublikasi melalui komunikasi sosial on line. Maka dari itu setiap aparatur yang berada di Satpol PP Kabupaten Bengkalis harus senantiasa meningkatan kompetensi diri.

"Setiap anggota Satpol PP paling tidak harus punya dua keunggulan. Keunggulan pertama dia cerdas memahami perundang-undangan, khususnya peraturan daerah,'' ujar Amril mengingatkan, secara mengucapkan selamat HUT ke-66 Satpol PP dan HUT ke-54 Satlinmas.

Masih kata Amril, dalam pelaksanaan tugas Satpol PP di daerah ini harus mengedepankan sisi-sisi permisif dan preventif melalui mekanisme persuasif, pencegahan, penyuluhan, dan mengedepankan model penyelesaian di hulu daripada di hilir.

"Sehingga Satpol PP tidak lagi nampak garang. Dan yang terpenting setiap kemungkinan terjadinya benturan-benturan harus dapat dihindari serta tidak lupa selalu berupaya meningkatan pengetahuan, pemahaman, kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap setiap peraturan perundang-undangan. Khususnya produk hukum daerah," ujar Amril.

HUT Satpol PP jatuh pada tanggal 3 Maret. Sedangkan HUT untuk Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) diperingati setiap tanggal 19 April. Untuk tingkat Provinsi Riau tahun 2016, acara puncak peringatan HUT Satpol PP ke-66 dan Satlinmas ke-54, baru ditaja Senin (5/4/2016) yang dipusatkan di Kabupaten Pelalawan yang dihadiri Selain Pelaksana Tugas Gubernur Riau H Arsyadjuliandi Rachman dan Kapolda Riau Brigjen Pol Supriyanto.(ail)