PADANG -Pembangunan Pariwisata tidak terlepas dari kesiapan sarana dan prasarana daerah, disamping bangun kawasan wisata. Salah satu sarana yang harus dibangun adalah pembangunan sarana Informasi berbasis teknologi (teknologi informasi).

Hal ini disampaikan Bupati Banyuwangi Jawa Timur Abdullah Azwar Anas, ketika bertindak selaku salah satu pembicara dalam seminar nasional pariwisata di Padang, Sabtu (6/2/2016).

Disebutkan Azwar, pembangunan pariwisata, jangan meninggalkan budaya dan kearifan lokal. Dan juga jangan lupa membangun fasilitan TI, misalnya bangun wifi dan sarana TI yang bisa memudahkan orang mengakses pariwisata di daerah.

"Guna mendukung pariwisata di Banyuwangi, saat ini sudah dibangun 1400 jaringan wifi di berbagai lokasi yang bisa digunakan warga untuk berselancar di internet," katanya.

Hasil pembangunan selama lima tahun menjadi bupati di Banyuwangi, kata Azwar, juga jelas terlihat dari sektor ekonomi dan peningkatan taraf hidup masyarakat. "Angka kemiskinan di Banyuwangi bisa turun hingga 20 persen dan realisasi investasi menduduki rangkin tiga di Jawa Timur," katanya.

Ia juga menyebutkan, bangun pariwisata harus melibatkan seluruh kepentingan termasuk pengusaha pariwisata. Karena tanpa bantuan swasta pariwisata akan lambat jalannya."Kami menggunakan dana APBD hanya untuk kepentingan yang menyentuh langsung masyatakat," pungkasnya. (***)