BENGKALIS - Bupati Bengkalis, Amril Mukminin siap memberikan dukungan penuh bagi Akademi Komunitas Negeri (AKN) Bengkalis untuk menjadi Satuan Kerja (Satker) Mandiri. Hal ini berarti AKN Bengkalis akan mengatur dirinya sendiri, tidak lagi dibina Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.


Dukungan tersebut disampaikan langsung oleh Bupati Amril saat menghadiri penandatangann naskah kerjasama antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis dengan AKN Bengkalis di Kampus AKN Bengkalis, Jumat (1/7/2016).
"Pemkab akan selalu siap membantu dan mendukung AKN Bengkalis menjadi Satker Mandiri. Mengingat dunia pendidikan merupakan salah satu prioritas pembangunan di kabupaten Bengkalis lima tahun kedepan," ujar mantan Kepala Desa Muara Basung tersebut.
Hal ini, imbuh Amril, selaras dengan visi misi Bengkalis, yaitu menjadikan Bengkalis sebagai negeri yang maju dan makmur. Salah satunya fokus menjadikan pulau Bengkalis sebagai pusat pemerintahan, pusat pendidikan terpadu dan pusat pengembangan budaya Melayu serumpun.
Sebelumnya, Ketua AKN Bengkalis Alfansuri menyebutkan untuk mewujudkan AKN Bengkalis mandiri dan menjadi satker tersendiri, kampus yang memiliki 227 mahasiswa ini minta perhatian serius dari Pemkab Bengkalis. Salah satunya mengajak orang nomor satu di wilayah berjuluk Negeri Junjungan ini untuk silaturahmi ke Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi guna membahas proses kemandirian AKN Bengkalis.
"Dalam rangka finalisasi evaluasi kemandirian AKN Bengkalis, berbagai persyaratan juga terus kita persiapkan seperti, sertifikat surah tanah, pembangunan gedung, dan pinjam pakai gedung perpustakaan islam Istisqo. Kita juga berharap Bupati mau menghibahkan wisma atlet untuk dialihfungsikan sebagai tempat operasional pengembangan program studi perhotelan nantinya," ungkap Alfansuri.
Mendampingi Bupati Amril, tampak hadir Plt Sekda H Arianto, Plt Kadis Pendidikan II H Heri Indra Putra, Plt Asisten III H Hermanto Baran, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan H Sofyan Hadi, Kabag Hukum Junaidi, Ketua TP PKK Bengkalis Kasmarni, dan segenap civitas akademi AKN Bengkalis.***