DURI - Cerita penyebab terjadinya kebakaran di Stasiun Pengisian Bahan Bakar (SPBU) Hangtuah Duri, Selasa (19/4/2016) sekitar pukul 19.00 WIB ini ada banyak versi. Dan kebanyakan cerita menuding pemilik mobil Honda Jazz adalah penyebab kebakaran yang mencuri perhatian ratusan ribu masyarakat Duri dan sekitarnya.

Mobil honda Jazz yang ikut terbakar dalam peristiwa naas itu diketahui milik Heru yang merupakan pegawai Chevron Duri dan Maya. Hingga saat ini pun belum ada keterangan resmi dari pihak kepolisian atas musibah tersebut.

Kerabat Heru kepada GoRiau.com menceritakan kronologi kejadian tersebut versi cerita Heru dan Maya. Dikatakannya, Heru dan Maya baru selesai sholat maghrib, terus lanjut membeli beras dan singgah juga untuk mengisi bensin di SPBU Hang Tuah Duri.

Heru antri di sebelah kanan, dekat antrian jerigen. Ada 2 mobil dalam antrian tersebut, yakni mobil Heru dan 1 mobil di belakangnya. Mobil Heru sendiri dalam kondisi mesin mati, karena Honda Jazz tidak akan terbuka tutup bensinnya kalau mesin kondisi menyala.

Setelah Heru membuka tutup bensin dan menyerahkan uang Rp150 ribu ke petugas SPBU. Saat petugas akan memasukkan nozzle ke dalam lubang tangki bensin mobil, tiba-tiba dari sebelah kiri depan mobilnya terdengar ledakan, persisnya dari jerigen yang telah terisi bensin.

Dan ternyata ledakan itu menyebabkan bensin dan api terlempar menyambar bagian kiri mobilnya Heru. Untungnya, dalam kondisi panik Heru langsung berfikir untuk mengeluarkan Maya dari pintu sebelah kanan karena badan mobil sebelah kiri penuh api.

Pada saat Maya berusaha keluar dari pintu kanan, seat belt sudah tidak dalam kondisi terpasang. Heru mengaku agak susah mengeluarkan Maya karena mukena yang dikenakannya tersangkut.Baru beberapa langkah dari lokasi kejadian, Maya pun pingsan dan dibopong ke ruko didekat SPBU.

Sayangnya, dari begitu banyak orang disana tidak ada yang berinisiatif menolong Heru dan Maya, kobaran api nampaknya lebih menarik.Setelah itu Heru pinjam hp seseorang, dan yg diingatnya adalah nomernya Yuli Kurniawan untuk datang menjemput mereka.

"Demikian summary dari yang bisa aku tangkap ceritanya. Monggo dilengkapi dari temen-teman yang tadi juga datang ke rumah Heru," kata salah seorang rekan kerjanya kepada GoRiau.com melalui pesan Whatshapnya, Rabu (20/4/2016) pagi. ***