PEKANBARU - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru menyebutkan, tidak semua armada angkutan umum di Pekanbaru masuk terminal Bandar Raya Payung Sekaki (BRPS). Padahal, sesuai arahan Menteri Perhubungn, seluruh armada bus AKAP, AKDP, AJAP, AJDP wajib masuk terminal.

Kepala Terminal BRPS Bambang Armanto mengatakan masih banyaknya Perusahaan Oto (PO) membandel masuk terminal. Seharusnya seluruh armada wajib dicek kondisinya sebelum hari lebaran.

"Jadi dengan adanya kami cek kondisi uji kelayakan, seluruh bus bisa dikatakan layak operasi saat membawa penumpang," kata Bambang, Rabu (29/6/2016).

Diakui, belum lama ini pihaknya telah menggelar uji kelayakan armada bersama dengan forum LLAJ Provinsi Riau. Namun, dalam uji kelayakan tersebut masih banyak sejumlah armada yang enggan masuk terminanal. 

"Itu yang kami masih tidak tahu alasan kenapa tak mau masuk ke terminal. Padahal langkah kami melakukan uji kelayakan juga demi kenyaman para pemudik," ujarnya.

Bambang menyebutkan, dalam uji kelayakan banyak ditemukan sejumlah armada yang belum layak operasi. Untuk itu, Ia menyarankan kepada seluruh PO di Pekanbaru segera mengganti baik itu kaca ataupun ban yang dinyatakan tak layak.

"Kami masih beri batas waktu untuk segera mengganti. Jelas setiap bus yang masuk ke terminal kami akan lakukan uji kelayakan," tutupnya. ***