BENGKALIS - Dalam upaya pencegahan terjadinya kebakaraan lahan dan hutan (Karlahut), Polres Bengkalis membangun sekat kanal dan embung air beberapa titik yang rawan kebakaran.

Menurut Kapolres Bengkalis, AKBP Aloysius Supriyadi, sejauh ini pihaknya sudah membangun sekat kanal di empat kecamatan. Diantaranya Kecamatan Bengkalis, Bukit Batu, Siak Kecil dan Rupat Utara.

"Kita sudah mulai membangun sejak dua hari yang lalu, diantaranya di Kecamatan Bengkalis sebanyak 5 sekat kanal, Bukit Batu juga 5 sekat kanal di daerah rawan kebakaran yakni desa Sungai Selari dan Kampung Jawa. Sementara di Siak Kecil dan Rupat Utara sudah dibangun 3 sekat kanal di masing-masing kecamatan," terang Supriyadi.

Dikatakan Kapolres, kegiatan pembangunam sekat kanal akan terus dilaksanalan keseluruh kecamajtan yang ada di Bengkalis. Terutama di daerah yang sudah menjadi langanan kebakaraan lahan.

Menurut Kapolres, pembangunan sekat kanal ini merupakan satu diantara upaya pencegahan dan penangakalan terjadinya karhutla. Dalam pembuatan sekat kanal pihaknya melibatkan petugas ahli agar pembangunan sekat kanal tidak merusak kesuburan tanah.(ail)