PEKANBARU - Anggaran biaya pelaksanaan Pemilihan Walikota (Pilwako) 2017 sudah disetujui oleh Pemerintah Kota Pekanbaru. Masuknya anggaran pemilihan kepala daerah ke rekening, Komisi Pemilihan Umum (KPU) langsung ngebut melakukan pelaksanaan tahap demi tahap penyelenggaraan pesta demokrasi tersebut.

Ketua KPU Pekanbaru Amiruddin Sijaya mengatakan, sesuai dengan pengajuan, biaya penyelenggaran Pilwako 2017 disetujui sebesar Rp29,8 miliar. Untuk tahap pertama, dana yang masuk ke rekening baru sebesar Rp18,2 miliar, sementara sisanya Rp11 miliar lebih dimasukkan pada anggaran perubahan 2016 mendatang.

"Jadi anggaran pembiayaan ini disetujui melalui Nota Perjanjian Hibah (NPH) yang ditandatangani oleh Walikota bersama Ketua KPU Pekanbaru sebesar Rp29,8 miliar. Dana ini dibagi dalam dua tahap," kata Amiruddin Sijaya pada kegiata Media Gathering di Alpha Hotel, Senin (27/6/2016) sore.

Meski anggaran penyelenggaraan baru masuk, Amiruddin mengaku tahapan kegiatan Pilwako sudah dilasakanakan KPU sejak awal. Diantaranya mengikuti launching penetapan hari Pilkada Serentak Tahap II tahun 2017 bersama KPU RI untuk 101 kabupaten/kota dan provinsi yakni pada hari Rabu 9 Februari 2017.

"Kemudian KPU juga sedang melakukan seleksi PPK dan PPS sejak 21 Juni-20 Juli mendatang. Ini tahapan sudah berjalan dan mudah-mudahan segera selesai," lanjutnya.

Ketua Divisi Data, Informasi dan Humas KPU Pekanbaru Abdul Razak Jer menambahkan, sesuai teknis tahapan pelaksanaan pihaknya juga sudah melakukan pembentukan kelompok kerja untuk menyusun rencana kebutuhan anggaran, penyusunan peraturan dan produk hukum, sosialisasi, kehumasan dan media centre serta pelayanan informasi dan pembentukan PPK dan PPS.

"Sebagai penyelenggara, tahapan persiapan dan pelaksanaan terus kami lakukan hingga hari pelaksanaan nantinya. Kami berharap penyelenggaraan Pilwako 2017 berjalan sukses," tutur Abdul Razak.

Media Gathering yang dilanhsung sekaligus berbuka bersama itu, turut hadir Komisioner KPU Riau, Panwaslu, Satker terkait dan seluruh Komisioner KPU Kota Pekanbaru. ***