PEKANBARU, GORIAU.COM - Perundingan antara Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) dan Serikat Pekerja (SP) Kota Pekanbaru tentang Upah Minimum Kota (UMK) untuk tahun 2014 mendatang belum menuai hasil.


Dalam rapat tersebut, kedua belah pihak masih berpegang teguh pada dasar masing-masing. Dimana, SP bertahan pada KHL sebesar Rp 1.885.125. Kemampuan Hidup Layak (KHL) tersebut ditetapkan Dewan Pengupahan Kota (DPK) sebesar atas dasar survei sejak Januari 2013.


Adapun dasar SP menginginkan UMK sebesar KHL yakni Intruksi Presiden No. 9 tahun 2013 tentang kebijakan penetapan upah minimum. Menurut Aidil Ilham, salah seorang anggota SP yang hadir, Inpres tersebut menjadi landasan untuk menetapkan UMK sesuai dengan KHL.


"Pemerintah menginginkan kesejahteraan pekerja dan dunia usaha tetap berjalan sebagaimana mestinya, sehingga dapat meminimalisir gejolak," ungkapnya, Kamis (24/10/2013).


Tidak hanya itu, tingginya perbedaan antara UMSP Migas dan UMK pada tahun 2013. Dimana, UMK hanya berkisar 10 persen, sementara UMSP Migas mencapai 47 persen. Untuk itu, Ia bersikukuh UMK tahun 2014 untuk Kota Pekanbaru harus dinaikkan sebesar 30 persen. "Supaya ada kesejajaran antara UMSP Migas dan UMK," jelasnya.


Sementara itu, menurut ketua Apindo Kota Pekanbaru Edi Darmawi, SH, pengusaha hanya mampu menaikkan UMK tahun 2014 mendatang sebesar 15 persen. Hal itu berdasarkan hasil survei kemapuan bayar perusahan selama 10 bulan terakhir. "Dari situ, perusahaan hanya mampu menaikkan antara 5-25 persen," jelasnya.


"Setelah kita rapat di DPK unsur Apindo, kami sepakat untuk mengambil rata-rata, yakni 15 persen," ulas Edi. Jika dinaikkan sebesar 15 persen, maka UMK sebesar Rp 1.667.500.


Terkait Inpres No. 9 tahun 2013, menurut Edi tidak serta merta hanya membahas tentang UMK, melainkan juga membahas tentang Apindo dan kemampuan bayar. "Jadi, ini harus juga dipahami SP," katanya.


Ia menjelaskan, dalam penetapan UMK yang menjadi dasar juga UMP Riau. Namun, hingga saat ini UMP belum ditetapkan.


Akhirnya, SP dan Apindo memutuskan pembahasan UMK pada rapat selanjutnya. Sebelum itu, Apindo dan SP akan membahas tentang pertemuan hari ini di masing-masing internal.(san)

Punya info menarik di sekitar anda atau ingin berbagi berita silahkan sms ke 081365093962 atau via email: goriau2012@gmail.com (lengkapi data diri atau instansi untuk berita warga dan rilis)