PEKANBARU, GORIAU.COM - Wakil Gubernur Riau (Wagubri), H Arsyadjuliandi Rachman, memberikan apresiasi atas keikutsertaan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis pada kegiatan Riau Expo 2014. Apresiasi itu disampaikan Wagubri ketika mengunjungi stand Pemkab Bengkalis yang diwakili Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPMP2T) di Hall Bandar Serai, Minggu (21/9) malam.

''Tampilan stand dan materinya cukup bagus,'' puji Wagubri singkat kepada staf BPMP2T yang bertugas sebagai pramustand saat berada di stand Pemkab Bengkalis. Kedatangan Wagubri dan rombongan ke stand Pemkab Bengkalis disambut Kepala BPMP2T, Syamsir Syukur.

Dalam kunjungan yang dilakukan usai membuka Riau Expo 2014 itu, kata Syamsir, turut mendampingi kunjungan Wagubri ke stand Pemkab Bengkalis diantaranya Ketua DPRD Riau, Suparman, Danrem 031 WB, Brigjen TNI Prihadi Agus Irianto, Danlanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Kolonel PNB M Khairil Lubis. Kemudian Sekretaris Daerah Riau H Zaini Ismail, Kepala Badan Penanaman Modal dan Promosi Daerah Provinsi Riau Irhas Irfan serta Direktur PT Malik Ghonniyu Razaak selaku Event Organizer (EO) untuk Riau expo 2014, Dewi Rosayanti Syam.

Masih kata Syamsir, selama di stand Pemkab Bengkalis, selain menerima penjelasan tentang potensi investasi di kabupaten berjuluk Negeri Junjungan ini, Wagubri dan rombongan juga mendapat suguhan dan menikmati berbagai juadah danminuman khas Bengkalis yang disajikan staf BPMP2T.

Keikutsertaan pada Riau Expo 2014, menurut mantan Sekteraris Komisi Pemilihan Umum Bengkalis ini, sebagai bentuk partisipasi memeriahkan salah satu rangkaian acara peringatan HUT ke-57 Provinsi Riau. Selain itu, ajang tahunan yang dipusatkan di Laman Bujang Matsam, Bandar Serai Seni Raja Ali Haji (Bandar Serai) Pekanbaru tersebut, juga dijadikan sarana mempromosikan berbagai peluang investasi dan produk unggulan yang ada di Kabupaten Bengkalis.

Selama mengikuti expo yang direncanakan berlangsung 21-24 September 2014 ini, papar Syamsir, dengan berkoordinasi satuan kerja perangkat daerah terkait di lingkungan Pemkab Bengkalis, BPMP2T telah menyiapkan berbagai media informasi tentang peluang investasi dan produk unggulan di daerah ini.

''Baik itu dalam bentuk buku, leaflet maupun brosur. Termasuk informasi visual dalam format compact disc (CD). Seluruh materi informasi tersebut diberikan secara gratis kepada pengunjung stand Pemkab Bengkalis yang membutuhkannya,'' ujar Syamsir.

Mengenai informasi peluang investasi yang disajikan, mantan Kadis Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Bengkalis ini mengatakan mengacu pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) serta penetapan empat kawasan strategis pembangunan Kabupaten Bengkalis 2010-2015.

''Sesuai RPJMD dan penetapan empat kawasan strategis Bengkalis 2010-2015, salah satu peluang investasi yang diinformasikan kepada pengunjung stand Pemkab Bengkalis pada Riau Expo 2014, adalah pengembangan Kota Bengkalis sebagai pusat pendidikan,'' tegas Syamsir.

Selain informasi peluang investasi, sambung Syamsir, stand Kabupaten Bengkalis juga akan menampilkan produk-produk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) hasil binaan berbagai satuan kerja perangkat daerah di lingkungan Pemkab Bengkalis.

''Seperti kerajinan dan produk UMKM hasil binaan Dewan Kerajinan Nasional Daerah, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Pertanian dan Peternakan, Dinas Kelautan dan Perikanan serta Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Kabupaten Bengkalis,'' tutup Syamsir.(jfk)