PEKANBARU - Berbagai macam upaya polisi dalam meminimalisir kasus kejahatan, terutama saat bulan suci Ramadan. Salah satunya yang dilakukan jajaran Polres Kampar, Provinsi Riau. Sambil keliling kampung membawa kentongan, pak polisi ini berpatroli sembari membangunkan warga untuk makan sahur.

Hal tersebut rutin dilakukan sejak awal puasa kemarin. Kegiatan yang dilabeli nama Opor Sahur alias Operasi Patroli Polisi Jelang Sahur ini efektif menekan kasus kejahatan, terutama di Kabupaten Kampar. "Ini program religi Ramadan sekalian antisipasi C3 (Curas, Curat dan Curanmor)," kata Kapolres Kampar, AKBP Edy Sumardi.

Opor Sahur itu, sambungnya, setiap hari dilakukan, mulai pukul 23.30 WIB hingga jam 05.00 WIB. "Dibagi empat agenda, yaitu razia, patroli, mengunjungi warga dan dialog serta terakhir membangunkan warga buat sahur," sambungnya kepada GoRiau.com, Selasa (28/6/2016) pagi.

Tujuannya, tak lain tak bukan untuk menciptakan rasa aman, mulai dari perkampungan serta pemukiman warga, terutama saat bulan Ramadan. Kegiatan tersebut juga melibatkan seluruh jajaran satuan fungsi secara bergiliran. Bahkan Kapolres Kampar, AKBP Edy Sumardi pun tak luput dari jadwal tersebut.

"Dengan berdialog, kita bisa tahu apa yang menjadi kendala masyarakat terutama terkait keamanan. Ini juga mendorong supaya polisi lebih dekat dengan masyarakatnya. Komunikasi yang baik antara Polri dan masyarakat bisa menciptakan kerja sama yang baik pula ke depannya," singkat Edy. ***