NANNING, GORIAU.COM - Menteri Perindustrian dan Perdagangan RI, Thomas Trikasih Lembong menilai Provinsi Riau tampil luar biasa dan sangat mengagumkan. Pernyataan ini disampaikannya saat membuka The 12th China Asean Expo 2015 di Kota Nanning Provinsi Guangxi, Cina, Jumat sore (18/9/2015).

Menurut Menteri, Riau yang tampil mewakili Indonesia, memang mengagumkan dan patut dipuji. Meski saat ini warga Riau tengah menghadapi musibah besar berupa kabut asap yang menyelimuti seluruh wilayah Riau, tapi tanggungjawab terhadap nama baik Indonesia tetap dipertahankan.

''Saya bangga pada Riau yang kali ini tampil mewakili negara Republik Indonesia,'' ujarnya kepada sejumlah wartawan saat berkeliling di sejumlah stand pameran perwakilan dari negara Indonesia.

Di sisi lain, dia mengucapkan terimakasih kepada Provinsi Riau yang tampil tidak saja dengan kekayaan khasanah budaya Melayu, tapi juga berbagai informasi di tanah air. "Saya tidak menyangka, Riau tampil dengan membawa tim lengkap dan berbagai kekayaan alam, budaya serta potensi ekonomi daerah. Saya atas nama Pemerintah Indonesia mengucapkan terimakasih,'' ujarnya saat membuka acara.

Pada pembukaan China Asean Expo 2015 itu, Riau menampilkan profil seluruh daerah di kabupaten/kota, beserta seluruh potensi yang ada. Menteri pun tidak menyangka Riau seindah ini. Dari gambar-gambarnya, Riau memiliki potensi yang pantas diperkenalkan kepada masyarakat internasional. ''Tidak salah Pemerintah RI menunjuk Riau mewakili negara dalam acara ini,'' tambahnya.

Gubernur Riau yang diwakili Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Muhammad Firdaus mengatakan, dalam acara ini mereka membawa 108 orang yang terdiri dari missi kesenian, kebudayaan dan pameran eksportir UKM dari berbagai bidang usaha di Riau.

Missi kesenian Riau menampilkan berbagai tarian, nyanyian, musikalisasi Melayu dan pameran seni kerajinan. Beberapa tari rakyat yang ditampilkan dan mendapat aplus dari ribuan pengunjung antara lain, tari Rentak Bulian, Serampang 12, Tari Niru, Joget Hitam Manis dan beberapa lagu Melayu Kas Riau seperti Ayam Putih Punggung, Lancang Kuning bahkan lagu Indonesia yang sangat terkenal Bengawan Solo yang dibawakan dalam dua bahasa, Cina dan Indonesia.

Sedang untuk pameran UKM ditampilkan beberapa komoditas ekspor Riau antara lain, lukisan sulam pita, teh gaharu, madu lebah, kopi luwak, tenunan Siak, Batik Riau, minyak goreng kemasan, lempuk durian, batu akik Riau, kopra,quilting, mebel dan pisang salai.

Pada kesempatan ajang pameran China Asean Expo 2015 diikuti sejumlah Perusahaan Pulp besar di Riau yakni PT RAPP, juga tampil memikat pengunjung dengan bendera grup APRIL mereka menampilkan berbagai produk yang dibuat di Kabupaten Pelalawan Riau.

Selain itu juga diikuti perusaahan ekspor impor seperti PT Duta Graha Invesindo yang di bawah naungan KADIN Kab Bengkalis. Menurut Iswadi Idris, selaku perwakilan PT Duta Graha Invesindo, atusias pengunjung di standnya cukup luar biasa.

Pameran yang dibuka selama lima hari, 18-23 September ini, ditampilkan pula berupa aksesoris dan kerajinan tangan produksi beberapa daerah di Indonesia, seperti dari Solo, Yogyakarta, Semarang, Banten dan Jakarta. Pada hari pertama pameran, menurut Sunarko Adji dari Kementerian Perindag, hadir sekitar 11 ribu pengunjung. Jumlah pengunjung dihari pertama ini juga luar biasa. Ini promosi besar bagi Indonesia, khususnya bagi Provinsi Riau yang mewakili Indonesia, katanya.(rls)