SELATPANJANG, GORIAU.COM - Seringkali nelayan kurau yang sering melaut di perairan Kabupaten Kepulauan Meranti merugi ketika melaut. Hal itu disebabkan jumlah tangkap tidak lagi sesuai harapan.


Seperti diakui Zulkifli (30), salah seorang nelayan kurau di perairan Selat Air Hitam dan Selatpanjang. Zulkifli menuturkan, hasil tangkapan mereka terus menurun setiap tahunnya. Dalam dua tahun terakhir ini sangat terasa tangkap menurun. Kadang sekali melaut cuma dapat 6 ekor kurau bahkan kadang cuma 3 ekor saja.
"Kalau sudah begitu hitungannya pasti tekor (merugi red)," tuturnya, Minggu (14/9/2014).
Jaring kurau sendiri merupakan jaring ikan biasa tapi bermata besar karena dikhususkan menangkap ikan berukuran besar. Ikan kurau sendiri saat ini menjadi jenis ikan mahal di Selatpanjang, perkilogramnya dihargai sekitar Rp 100 Ribu.
"Sekali melaut biasanya sekitar satu minggu," aku Zulkifli yang pergi menjaring bersama ayahnya ini.
Memang ukuran ikan kurau yang mereka dapatkan berukuran besar bisa mencapai 6 Kilogram, dan jika mereka cuma berhasil menangkap 3 ekor saja maka mereka hanya bisa mengantongi uang sekitar Rp 1.800.000.  Operasional terbesar mereka adalah bahan bakan minyak (BBM) jenis solar yang perliternya kini mencapai Rp 10.000 di Selatpanjang.
"Uang segitu hanya baru bisa menutupi biaya operasionalnya saja. Kalau sudah begitu, dapat lelahnya saja," ungkapnya.
Perahu bermotor yang ia gunakan bersama ayahnya untuk pergi melaut hanya berukuran 4 ton dengan mesin yang masih terhitung kecil. Oleh karena itu ia tidak berani pergi menangkap ikan ke laut lepas dan hanya menjaring di perairan sungai ataupun selat.
"Mungkin kalau menjaring lebih jauh ke tengah laut hasilnya akan berbeda, tapi kami tidak berani karena perahu berukuran kecil," kata lelaki yang biasa disapa Ijul ini.
Kepala Dinas Kelautan dan Perikan (DKP) Kepulauan Meranti Askandar, saat dikonfirmasi menyampaikan saat ini dinas yang dipimpinya memang memiliki program bantuan perahu bermotor kepada nelayan kecil.
"Memang dari APBD 2014 ada program bantuan perahu sekaligus mesin. Tapi program ini berangsur kita kurangi, mengingat jumlah pendapatan mereka yang terus merosot," kata Askandar.
Untuk itu Pemkab Meranti melalui dinas yang dipimpinnya telah mulai melaksanakan pemberdayaan nelayan untuk perikanan budi daya. "Program budi daya perikanan ini menjadi prioritas kita, dengan bantuan kerambah jaring apung dan juga bibit ikan.***