BENGKALIS, GORIAU.COM - Sekretaris Daerah Bengkalis, H Burhanuddin sangat mengharapkan seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemkab Bengkalis ambil bagian pada kegiatan Bengkalis Expo 2014. Kegiatan yang dilaksanakan 20-24 Oktober 2014 mendatang itu dipusatkan di Lapangan Pasir Taman Andam Dewi Bengkalis.

Menurut Burhanuddin, Bengkalis Expo 2014 ini merupakan sarana yang tepat untuk menyebarluaskan dan memenuhi hak masyarakat untuk mendapatkan informasi, khususnya informasi pembangunan yang telah dan akan dilaksanakan Pemkab Bengkalis di masing-masing SKPD.

''Untuk itu masing-masing SKPD sangat diharapkan dapat ikut serta dan memanfaatkan Bengkalis Expo 2014 untuk menyebarluaskan informasi kegiatan-kegiatan pembangunan yang telah dan akan dilaksanakan sesuai tugas pokok dan fungsi masing-masing,'' harap Burhanuddin sebagaimana disampaikan Kepala Bagian Humas Sekretariat Daerah Bengkalis, Johansyah Syafri, Kamis (16/10/2014).

Terkait manfaat diselenggarakannya Bengkalis Expo 2014, menurut Burhanuddin sangat banyak. Bagi peserta, katanya, selain untuk sarana penyebarluasan informasi, juga dapat dijadikan ajang promosi. ''Melalui kegiatan Bengkalis Expo 2014, masing-masing SKPD juga dapat melakukan promosi. Misalnya mempromosikan produk-produk hasil kelompok-kelompok yang dibina melalui kegiatan yang dilakukan di SKPD yang bersangkutan,'' kata Burhanuddin

Sedangkan bagi masyarakat, sambung Burhanuddin, kegiatan Bengkalis Expo 2014 dapat menjadi ajang pemberdayaan ekonomi rakyat. ''Saya yakin, banyak pedagang kecil yang dapat meraup keuntungan selama berlangsung Bengkalis Expo 2014 ini,'' kata Burhanuddin, seraya mengajak seluruh lapisan masyarakat di daerah ini ikut menyukseskan Bengkalis Expo 2014.

Sementara Koordinator Pelaksana Bengkalis Expo 2014, Nurdin A Halim menjelaskan, selama berlangsungnya kegiatan tersebut pihaknya juga menyediakan lokasi untuk bazar.

''Kegiatan Bazar ini secara khusus memang hanya diperuntukan bagi pedagang tempatan. Hal ini dilakukan dalam rangka untuk memberdayakan ekonomi masyarakat tempatan,'' tegas Nurdin.

Nurdin menambahkan, selama berlangsungnya Bengkalis Expo, selain pameran dan bazar, juga akan digelar berbagai lomba. Kemudian, panitia pelaksana juga akan menghadirkan artis dangdut dari Jakarta saat acara penutupan. Tapi Nurdin belum bersedia menyebutkan nama artis tersebut. Namun diperoleh informasi artis tersebut jebolan Kontes Dangdut Indonesia’.

''Ada 16 lomba yang akan digelar selama Bengkalis Expo 2014. Mulai dari tingkat Taman Kanak-Kanak/PAUD sederajat sampai Perguruan Tinggi. Kemudian ada juga lomba antar kecamatan dan umum, seperti lomba cipta masakan Melayu, fotografi dan festival band,'' papar Nurdin.(jfk)