PEKANBARU, GORIAU.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau kembali memfokuskan diri terhadap pengembangan sektor pariwisata. Sejumlah potensi yang sempat stagnan bahkan terkubur akan digali kembali.

Gubernur Riau (Gubri), H Annas Maamun menyatakan keinginannya untuk menguatkan kembali potensi pariwisata dengan melibatkan pemerintah kabupaten dan kota. Sejumlah lokasi sudah ditinjau dan akan dikembangkan lagi pada APBD Perubahan 2014 yang baru saja disahkan.

"Seperti Candi Muara Takus, itu sangat bagus dan cantik, apalagi jika dikembangkan. Begitu juga dengan sejumlah pariwisata di Riau lainnya," terang Gubri Annas Maamun.

Pengembangan sejumlah tempat pariwisata, dikatakan Gubri nantinya menggunakan APBD Perubahan tahun ini untuk membangun sejumlah kompleks pariwisata yang ada. Diharapkan sektor pariwisata dapat berkontribusi lebih besar terhadap pendapatan daerah.

"Peningkatan sektor pariwisata tersebut dapat menggerakkan perekonomian masyarakat, sehingga menopang program penghapusan kemiskinan yang selama ini dicanangkan," kata Gubri.

Menurutnya, pengembangan pariwisata itu akan diimbangi dengan perbaikan infrastruktur yang menjadi akses keluar-masuk wilayah tersebut. Pembangunan infrastruktur juga akan diselaraskan dengan pembangunan fisik menyeluruh yang telah direncanakan.***