PASIRPANGARAIAN, GORIAU.COM - Bupati Rokan Hulu Achmad menegaskan bahwa daerahnya masih membuka peluang bagi pengusaha untuk berinvestasi di sektor industri pengolahan kelapa sawit di Rohul.

Menurut Achmad dengan potensi produksi tandan buah segar (TBS) di Rokan Hulu saat ini, setidaknya masih dibutuhkan 3 sampaai 4 pabrik minyak kelapa sawit (PMKS) lagi di Rohul.

Sebagai daerah yang memiliki potensi perkebunan kelapa sawit, Kabupaten Rokan Hulu saat ini telah menjadi magnet bagi investor, khususnya di bidang industri pengolahan kelapa sawit atau PMKS, sekarang saja di Rokan Hulu telah terdapat sebanyak 31 perusahaan kelapa sawit yang beredar di 16 kecamatan.

Kata Achmad, meski dianggap sudah mencukupi, namun Pemkab Rokan Hulu ternyata masih membuka peluang investasi sektor ini. di wiayahnya beberapa faktor yang mempengaruhi masih berpotensinya rohul membuka pks baru ini di karenakan masih banyaknya potensi produksi TBS.

''Akibat adanya kecenderungan peralihan perkebunan karet ke sawit penambahan kebun baru masyarakat, serta aktifitas peremajaan kebun,'' ujanya.

Menurut Achmad dengan potensi yang ada saat ini, Rohul masih membuka peluang lagi, pemerintah juga akan memberikan fasilitas pelayanan untuk memberikan kemudahan bagi para investor.

Diharapkan dengan adanya perusahaan PMKS beroperasi di Rohul dapat membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat khusunya masyarakat tempataan, tidak hanya itu keberadaan perusahaan diharapkan bisa menopang pertumbuhan sektor informal dan menstabilkan harga TBS, karena akan adanya persaingan harga di masing-masing perusahaan. (ram)