PEKANBARU, GORIAU.COM - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Koperasi dan UKM), Syarief Hasan menyebutkan, sepanjang semester pertama 2014, penyaluran dana bergulir untuk koperasi, serta usaha mikro kecil dan menengah di Provinsi Riau sepanjang semester mencapai Rp2 triliun.

Artinyasekitar 10% dari total yang disalurkan secara nasional senilai Rp20 triliun. Tingginya pertumbuhan ekonomi di Riau berdampak pada perkembangan koperasi dan pelaku UMKM.

"Kami akan terus menyalurkan dan meningkatkan bantuan kepada pelaku usaha kecil dan menengah berupa pemberdayaan dan penguatan lainnya terhadap pelaku usaha," kata Syarief saat kunjungan ke Riau lalu.

Program pemberdayaan koperasi dan UMKM yang paling mungkin dilaksanakan saat ini adalah penyaluran dana bergulir, kemudian pembangunan pusat pelatihan usaha terpadu seperti di Kabupaten Pelalawan.

Hingga semester pertama tahun ini, penyaluran dana bergulir secara nasional telah mencapai Rp20 triliun, atau sekitar 54,05% dari target penyaluran sepanjang tahun ini Rp37 triliun. Secara kumulatif atau sejak pertama kali diberikan, dana bergulir yang disalurkan telah mencapai Rp160 triliun.***