RENGAT, GORIAU.COM - Ketersediaan bahan-bahan kebutuhan pokok masyarakat menjelang Hari Raya Idul Fitri 1435 H di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), cukup.

        "Belum ada kebutuhan pokok masyarakat yang langka di pasaran. Selama Ramadan hingga Hari Raya Idul Fitri mendatang masih aman," ujar Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Pengelolaan Pasar (Disperindagpas) melalui Kabid Perdagangan dan Bina Produksi Winaldi, Selasa (22/7/2014).

          Menurutnya, kepastian kebutuhan pokok cukup selama Ramadan hingga Idul Fitri mendatang berdasarkan hasil pantuan di sejumlah pasar. Sepekan menjelang Idul Fitri mendatang, Disperindagpas setiap hari melakukan pemantauan di lapangan.

          Memang sebutnya, ada sejumlah bahan pokok mengalami kenaikan harga. Namun kenaikan harga tersebut masih dinilai wajar, terutama bagi kebutuhan pokok yang didatangkan dari luar daerah. "Sejak Jalan Lintas Tengah putus tepatnya di Kecamatan Cerenti Kabupaten Kuansing, bahan pokok dari Sumatera Barat terpaksa melewati Pekanbaru ke Inhu," ungkapnya.

Saat turun ke lapangan, ujarnya, pihaknya juga mengingatkan pedagang tidak menjual bahan kebutuhan pokok yang sudah kadaluarsa.

Lebih jauh disampaikannya, berdasarkan penjelasan pihak Pertamina, stok BBM sepanjang Ramadan hingga lebaran mendatang cukup. jef