PEKANBARU, GORIAU.COM - Tingkat inflasi di Pekanbaru selama Januari 2013 menempati urutan 3 tertinggi di Sumatera dan nomor 6 se-Indonesia. Sedangkan Dumai berada di urutan 9 untuk Sumatera dan nomor 25 se-Indonesia.Tingkat inflasi di Kota Pekanbaru

Badan Pusat Statistik (BPS) Riau mencatat, inflasi di Pekanbaru sebesar 2,0 persen. Sedangkan inflasi di Dumai hanya 1,2 persen.

Pemantauan yang dilakukan BPS selama bulan Januari di pasar-pasar tradisional maupun modern di Pekanbaru dan Dumai menunjukkan terjadi peningkatan harga eceran beberapa komoditas pada Januari 2013 dibanding Desember 2012.

''Inflasi Pekanbaru sebesar 2,0 persen dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 136,36. Sementara di Dumai, inflasi 1,28 persen dengan IHK 140,05,'' kataKepala BPS Riau, Mawardi Arsyad kepada wartawan, Jumat (1/2) di ruang kerjanya.

Laju inflasi tahun kalender, kata Mawardi, sama dengan inflasi bulanan. Sedangkan inflasi year on year tahun 2013 di Pekanbaru sebesar 4,09 persen, dan Kota Dumai sebesar 4,06 persen.

Dikatakannya, berdasarkan data-data tahun sebelumnya, memang setiap awal tahun terjadi inflasi. BPS Riau mencatat sudah tiga kali inflasi setiap awal tahun. Yakni, Januari 2011, Januari 2012, dan Januri 2013.

Menurut Mawardi, ini terjadi karena dipicu kenaikan harga pada sejumlah komponen kebutuhan masyarakat. Sebab, di awal tahun biasanya banyak pelaku bisnis yang menaikkan harga.

Inflasi awal tahun 2013 ini, kata Mawardi, tak hanya terjadi di Pekanbaru dan Dumai. Tapi hampir di semua daerah di Indonesia mengalami inflasi.

Dijelaskan Mawardi, dari 16 kota yang disurvei BPS di Sumatera, inflasi Pekanbaru berada di urut 3 tertinggi. Sedang Dumai urutan ke-9. Daerah paling tinggi inflasi di Sumatera adalah Sibolga dan Palembang nomor 2.

''Sedangkan untuk seluruh Indonesia, dari 66 kota yang disurvei, Pekanbaru urutan 6 dan Dumai urutan 25,'' katanya.

Menurut Mawardi, komoditas penyumbang inflasi terbesar di Pekanbaru adalah cabe merah, telur ayam ras, daging sapi, beras, teh manis, kue basah, rokok putih. Sedangkan di Dumai adalah  bayam, sepeda motor, daging ayam ras, jeruk, timun, ikan serai, dan apel.rdi