BENGKALIS, GORIAU.COM - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Bengkalis terus berupaya memberdayakan sektor pertanian mengingat potensinya cukup besar di daerah ini. Setelah sukses memfasilitasi pemasaran hasil pertanian masyarakat Desa Tanjung Leban dan Sepahat  Kecamatan Bukit Batu, kini Kadin mencoba mempersiapkan dan mentransformasikan peluang pasar produk-produk pertanian melalui  pelatihan yang diikuti para ibu-ibu yang tergabung dalam Gabungan Organisasi Wanita (GOW), Kamis (20/11/2014) lalu.

Seperti disampaikan Ketua GOW Kabupaten Bengkalis, Hj Hera Triwahyuni, Minggu (23/11), pihaknya sengaja mengundang Ketua Kadin Bengkalis dan bersama tenaga ahli pertanian, Mulyono untuk memberikan pencerahan kepada para ibu-ibu peserta pelatihan.

''Alhamdulillah tema yang disampaikan Ketua Kadin mendapat respon positif dari peserta. Langkah selanjutnya kita akan melakukan praktik langsung di lapangan yang akan difasilitasi oleh Kadin tentunya,'' ujar Hera yang juga Wakil Ketua Bidang UMKM Kadin Bengkalis.

Di sisi lain para ibu-ibu yang mengikuti pelatihan ini, tambah Hera, sangat berharap melalui Koperasi UMKM Kreatif dan Kadin bisa menfasilitasi pemasaran potensi pertanian atau hasil home industry yang akan di kembangkan nanti.

Menyikapi harapan ibu-ibu yang tergabung dalam GOW ini, Ketua Kadin Bengkalis, Masuri, menegaskan, Koperasi UMKM Kreatif yang berada di bawah binaan Kadin,  siap menjadi mitra bagi para pelaku usaha maupun produk home industry yang dikembangkan di rumah tangga.

''Apalagi tahun 2015 kita akan menghadapi  Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) serta sejalan dengan komitmen Kadin menciptakan satu juta pengusaha, Kadin siap membina dan memfasilitasi dunia usaha secara berkelanjutan yang dimulai dari akar rumput,'' ujar Masuri.(jfk)