BENGKALIS, GORIAU.COM - Dewan Perniagaan Melayu Malaysia Negeri Melaka melakukan kunjungan ke Bengkalis, Rabu (10/4/2013). Kunjungan ini selain untuk mempererat hubungan silaturahmi dengan Kamar Dagang dan Industri Kabupaten Bengkalis, juga untuk melihat dari dekat hasil kerajinan yang dihasilkan home industry dan produk usaha kecil menengah yang ada di Negeri Junjungan.

Kunjungan rombongan DPMM Melaka disambut Ketua Kadin Bengkalis, Masuri bersama jajaran pengurus dan Kepala Bidang Perdagangan Luar Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Bengkalis, Raja Arlangga.

Ketua DPMM Melaka MD Ramli Muhammad bersama rombongan pertama sekali diajak melihat pembuatan dodol nenas di Wonosari Barat. Home industry ini dikelola oleh Kelompok Kemas Desa Wonosari.

Di sini rombongan DPMM berkesempatan melihat langsung proses pembuatan dodol nenas yang sudah menggunakan alat mesin untuk proses pemasakan. Rombongan juga berkesempatan mencicipi dodol khas Bengkalis ini serta berdialog dengan para pekerja.

Selanjutnya rombongan DPMM Melaka berkesempatan melihat hasil kerajinan khas Bengkalis, seperti Tenun Lejo, kerajinan rotan dan makanan ringan khas daerah ini seperti keripik ikan tenggiri dan keripik buah naga.

Mereka tampak cukup tertarik dengan beberapa kerajinan khas Bengkalis, seperti kain songket tenun leju. Bahkan beberapa dari rombongan DPMM Melaka ada yang membeli beberapa helai kain tenun lejo tersebut.

Rombongan juga dibawa melihat oulet Kadin Bengkalis yang ada di pelabuhan roro Sei Selari. Di outlet ini terdapat berbagai jenis makanan khas Bengkalis seperti lempuk durian, aneka jenis kripik, kue bangkit dan lainnya. Selain itu mereka juga diajak melihat sejumlah kerajinan home industry yang ada di Meskom.

Melihat cukup banyaknya produk home industry yang ada di Bengkalis, Ketua DPMM Melaka MD Ramli Muhammad membuka peluang kepada pengrajin untuk memasarkan produknya ke Melaka. “Memang ada beberapa jenis makanan yang ada di Bengkalis ini, juga ada di Melaka. Seperti dodol nenas ini, tapi rasanya beda sekali,” ujarnya MD Ramli Muhammad. (jfk)