JAKARTA, GORIAU.COM - Plt Gubernur Riau (Gubri) H Arsyadjuliandi Rachman, Kamis (20/11/2014) siang berkesempatan bertamu dengan Gubernur DKI Jakarta yang baru, Ir Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok di Balaikota DKI Jakarta. Pada kesempatan yang sama, Ahok juga menerima kedatangan Walikota Beijing, Cina bersama sejumlah pengusaha asal Negeri Tirai Bambu.

Kesempatan yang baik itupun tidak disia-siakan oleh Plt Gubri untuk mempromosikan Riau kepada para pengusaha bermata sipit itu. Apalagi, Ahok selaku Gubernur DKI Jakarta juga memberikan kesempatan kepada Plt Gubri yang akrab disapa Andi Rachman itu untuk ''menjual'' berbagai potensi kekayaan Negeri Lancang Kuning.

''Tadi saya juga (mendapat kesempatan) mempromosikan Riau kepada para pengusaha dari Beijing yang datang bersama Walikota Beijing. Saya kira ini kesempatan yang sangat baik,'' ujar Andi Rachman kepada sejumlah wartawan usai acara.

Menurut Andi, selama ini sudah banyak pengusaha asal Cina yang menanamkan modalnya di Bumi Lancang Kuning terutama di bidang pulp and paper maupun perkebunan. ''Kita menunggu kehadiran para investor ke Riau. Kita juga memberikan berbagai kemudahan agar para investor tertarik menanamkan modalnya di Riau,'' ulas politisi Partai Golkar itu.

Ditanya wartawan, apa yang bisa dicontoh Pemerintah Provinsi Riau dari Pemerintah DKI Jakarta, Andi mengatakan, tentu saja banyak. ''Yang baik-baik kita contoh. Misalnya soal komitmen Pemprov DKI menerapkan clean and good governance. Kita di Riau juga bertekad seperti itu,'' ucapnya.

Disinggung tentang figur Ahok sendiri, Andi menyebut bahwa Ahok punya komitmen yang kuat untuk menjalankan pemerintahan secara baik dan bersih. ''Beliau juga punya komitmen yang tinggi untuk pembangunan. Tentu saja pada akhirnya semua ini untuk kesejahteraan masyarakat,'' puji Andi.

Sekedar diketahui, Ahok dan Andi memang sudah lama kenal baik dan nasib keduanya pun hampir serupa. Kedua petinggi itu pernah sama-sama menjabat anggota Komisi II DPR RI pada periode yang lalu. Keduanya kemudian mencoba peruntungan mencalonkan diri menjadi wakil gubernur. Ahok di DKI Jakarta dan Andi Rachman di Riau. Keduanya pun sama-sama terpilih. Ahok menjadi Plt Gubernur DKI Jakarta setelah sang Gubernur Jokowi terpilih menjadi Presiden RI. Setelah melalui proses dan perdebatan yang panjang, Ahok kini resmi menjadi Gubernur DKI Jakarta. Andi juga hampir sama. Kini Andi menjadi Plt Gubri setelah Gubernur Annas Maamun terjerat kasus hukum. (rls)