SELATPANJANG, GORIAU.COM - Bermula dari coba-coba menanam bawang beberapa bulan lalu, kini Sardi (48) warga Dusun Air Gemuruh, RT02 RW03 Desa Gogok Darussalam Kecamatan Tebing Tinggi Barat Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau, betul-betul menjadi petani bawang. Kemarin Ia panen bawang untuk kedua kalinya dalam skala besar.


Menurut penuturan Sardi, awalnya Ia hanya mencoba menanam bawang. Pengetahuan tentang berkebun bawang juga belum pernah ia dapatkan.
"Saya mencoba sendiri, sebelumnya sama sekali belum pernah menanam bawang," kata Sardi ketika ditemui saat memanen bawang di Desa Gogok, Rabu (2/10/2014) sore.
Diceritakan Sardi pula, waktu itu Ia membeli bibit di Probolinggo (Jawa) sebanyak 60Kg untuk di tanam di Desa Gogok. Dari bibit 60Kg ini, Sardi memperoleh hasil bawang sebanyak 470Kg pada panen pertama beberapa bulan lalu. Hasil panen pertamanya sempat disaksikan Pemda yang waktu itu dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti Drs Iqaruddin MSi, dan Kepala DPPKP Kepulauan Meranti Yulian Norwis beserta jajaran.
Melihat berpotensi, waktu itu Kepala DPPKP Meranti Yulian Norwis menjanjikan akan membantu untuk pengembangan lahan dan kembali menanam bawang.
Rupanya apa yang dikatakan lelaki yang akrab dipanggil Icut itu bukan isapan jempol semata. Sardi mendapat bantuan bibit dan beberapa penunjang untuk berkebun lainnya.
Hal itu diperkuat dengan pernyataan Dulhadi. PPL Kecamatan Tebing Tinggi Barat sekaligus Koordinator PPL Tebing Tinggi dan Tebing Tinggi Barat. Kata Dulhadi, dari dinas telah membantu Sardi berupa 460kg bibit, 5 ton pupuk kandang, 1 ton NPK, ribuan meter plastik, puluhan liter Pretisida, dan puluhan liter insektisida.
Sebelumnya kata Sardi, dari bantuan dinas ini Ia menanam bawang di lahan berukuran 1 jalur (1 jalur = 10 jemba, dimana 1 jemba sekitar 17x17m2) yang ada di 4 titik.
Selain hasilnya akan dijual, Sardi juga akan menyiapkan bibit bagi yang ingin membeli. Hanya saja harus menunggu sekitar 2 bulan setelah panen. Rencananya, abis Panen ini Sardi akan menanam pare, kemudian setelah panen pare Ia akan menanam bawang lagi.(zal)