JAKARTA, GORIAU.COM -  Kabupaten Bengkalis sukses meraih juara ketiga untuk kategori bidang kelautan pada 2nd Apkasi International Trade & Investment Summit (AITIS) 2014 di JIExpo Kemayoran yang berakhir, Kamis (17/4/2014).

 Untuk kategori ini, juara pertama diraih Halmera Utara dan kedua Kepulauan Riau. Penghargaan diterima oleh Kepala Bidang Pelayanan Sistem Informasi Badan Penanaman Modal Pelayanan dan Perizinan Terpadu Kabupaten Bengkalis, Yusri Achmad, Kamis (18/4) sore.

 

Pameran yang berlangsung dari tanggal 14-17 April ini diikuti 412 peserta yang berasal dari pemerintah kabupaten, pemerintah provinsi, kementerian, BUMN, BUMD, perusahaan swasta dalam negeri dan asing yang berasal dari negara ASEAN, Cina dan Australia.Pameran dengan tema "Kemitraan Ekonomi Global Berkelanjutan" digelar oleh Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) dibuka oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian DR. Ir. H. Hatta Rajasa, Senin (14/4) lalu.

 

 Kabupaten Bengkalis yang diwakili Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPMP2T) kali kedua mengikuti ajang yang sama yangmerupakan agenda tahunan Apkasi. Diharapkan dengan ikut pameran 2ndAITIS ini dapat membuka peluang bagi daerah lain bekerjasama diberbagai sektor. 

 

  Kepala BPMP2T Kabupaten Bengkalis, H. Umran melalui Kabid Pelayanan Sistem Informasi ketika dihubungi melalui selular merasa bersukur atas prestasi yang diraih Bengkalis. Namun demikian bukan juara yang menjadi target utama dalam mengikuti kegiatan ini. Tapi bagaimana mempromosikan potensi-potensi yang ada di Kabupaten Bengkalis dan membuka peluang-peluang bekerjasama investasi.

 

"Kemampuan sumber daya yang dimiliki Kabupaten Bengkalis, perlu juga ditunjang dengan sarana dan prasarana lainnya. Termasuk kondisi daerah yang mumpuni, sehingga pelaku usaha yang berniat bekerjasama dengan Bengkalis dapat terakomodir," ujar Yusri.

 

  Ditambahkan Yusri, melalui kegiatan ini, pengusaha dan daerah akan dapat bertemu, dan saling memperkenalkan potensinya dalam tempat yang sama.

 

 "Dengan adanya event ini, diharapkan akan dapat menjembatani antara daerah dan investor," ujarnya.Pameran 2nd AITIS selain diikuti 412 peserta yang berasal dari pemerintah kabupaten, pemerintah provinsi, kementerian, BUMN, BUMD,Perusahaan swasta dalam negeri dan asing yang berasal dari ASEAN, Cina dan Australia. Turut serta juga dari Timur Tengah, Eropa dan Amerika Serikat serta perusahaan anggota Kamar Dagang Industri atau mitra Apkasi. (jfk)