BENGKALIS, GORIAU.COM - Penutupan Bengkalis Expo 2014 di Lapangan Pasir Andam Dewi Bengkalis oleh Sekretaris Daerah Bengkalis, Burhanudin berlangsung meriah, Sabtu malam (24/10/2014). Tiga peserta mendapat penghargaan sebagai stand terbaik, terfavorit dan stand komunikatif.

Pada acara penutupan, Sekda juga menyerahkan piagam penghargaan kepada peserta Bengkalis Expo, yakni stand terbaik diraih Dinas Pertanian dan Peternakan, stand terfavorit milik Dinas Pendidikan dan stad komunikatif diraih SKK Migas. Selain itu diserahkan piala bagi peserta yang mengikuti sejumlah perlombaan selama helat Bengkalis Expo 2014, seperti lomba pantun, lomba rebana, lomba band, lomba melukis, lomba membuat surat kepada bupati dan lainnya.

Acara semakin meriah dengan penampilan sejumlah artis Ibu Kota, sehingga warga dengan antusias menyaksikan pertunjukan malam itu. Penutupan ditandai dengan kembang api yang membahana di atas langit Lapangan Andam Dewi, Bengkalis.

Sekda mengucapkan selamat kepada para pemenang Bengkalis Expo 2014. Hendaknya apa yang diraih pada hari ini akan terus ditingkatkan dan diaplikasikan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Sekda juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, karena sejak dibuka tanggal 20 Oktober hingga malam penutupan, kegiatan Bengkalis Expo 2014 berlangsung dengan aman dan lancar, serta mendapat sambutan yang meriah dari masyarakat.

''Sebagaimana kunjungan ke stand-stand usai pembukaan beberapa hari lalu, melalui materi yang ditampilkan masing-masing peserta dalam Bengkalis Expo 2014, tergambarkan bahwa pembangunan di kabupaten bengkalis yang merupakan tugas dan tanggungjawab kita bersama,'' ujar Burhanudin.

Sekda mengimbau kepada seluruh stakeholder dan masyarakat pada umumnya, untuk senantiasa bersinergi dan bekerjasama serta terus berupaya meningkatkan akselerasi keberhasilan pembangunan tersebut. Bekerja, bekerja, bekerja, sebagaimana disampaikan presiden Joko Widodo saat pidato pelantikan yang harinya bersamaan dengan dimulainya Bengkalis Expo 2014.

''Itulah kata-kata yang selalu, selalu, dan akan selalu saya ingatkan kepada seluruh pemangku kepentingan pembangunan di daerah ini,'' ungkapnya.

Burhanudin juga mengingatkan kepala Skpd dan staf, agar melakukan terobosan, menciptakan karya dan inovasi-inovasi yang dapat mendukung bangkitnya perekonomian masyarakat. Utamanya untuk menarik investasi maupun bagi pengembangan sektor usaha mikro kecil dan menengah, sehingga mampu bertahan dan berkompetisi dalam persaingan ekonomi global.

Apalagi akhir tahun 2015, pembentukan pasar tunggal yang kita kenal sebagai masyarakat ekonomi asean (MEA). Diberlakukan MEA tersebut, maka memungkinkan satu negara menjual barang dan jasa dengan mudah ke negara-negara lain di seluruh asia tenggara, sehingga kompetisi akan semakin ketat, termasuk bagi masyarakat dan pelaku eknomi di Kabupaten Bengkalis.

Tantangan dan masalah yang dihadapi untuk meningkatkan dan mengembangkan perekonomian daerah, tentunya tidak kecil. Karena itu, sekecil apapun prestasi dan kemajuan yang telah dicapai selama ini, hendaknya terus dipertahankan dan dapat kita tingkatkan bersama.

''Kepada seluruh SKPD, kalangan perbankan dan pihak terkait lainnya, kiranya terus dapat memberikan dukungan, membantu pelaku ekonomi, khususnya usaha mikro kecil menengah dalam mengatasi masalah permodalan, peningkatan keterampilan, promosi dan pemasaran hasil produksi,'' ungkap Sekda.(jfk)